PCM Kasihan Tumbuhkan Ghiroh Bermuhammadiyah

PCM Kasihan Tumbuhkan Ghiroh Bermuhammadiyah

BANTUL. Menumbuhkan semangat bermuhammadiyah, menjadi program unggulan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kasihan.Berbagai kegiatan dicanangkan guna menumbuhkan ghiroh bermuhammadiyah dengan beramar ma’ruf nahi munkar.Diantara program tersebut ialah mengaktifkan Ranting-ranting Muhammadiyah yang ada di Kecamatan Kasihan, yang jumlahnya ada 12 Ranting.

Salah satu kegiatannya, yakni pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Ahad pagi pada pukul 06.00-07.00 WIB betempat di masjid ranting secara begiliran. “Berbagai program kami canangkan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa Muhammadiyah pada masyarakat.”, ujar Khomsul Latifin selaku ketua PCM Kasihan.

Selain itu, PCM Kasihan juga mengaktifkan sekolah-sekolah Muhammadiyah. Terutama Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) yang berjumlah 17 sekolah. Ada pula enam SD, dua MI, satu SMK dan satu SMA. Pengaktifan sekolah-sekolah Muhammadiyah ini, PCM Kasihan bekerjasama dengan Majelis Pendidikan tingkat cabang.

Sebagai bentuk pengkaderan, PCM Kasihan mengadakan sistem pengkaderan dan pelatihan bagi remaja yang ada di setiap PRM. Pengkaderan ini, kata Khomsul, dinamakan Darul Arqam (DA) yang biasanya bertempat di gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan (Pusbang) di Kaliurang. “Setelah mengikuti DA, diharapkan para remaja bersemangat dalam berdakwah dan mampu memakmurkan masjid.”, ujar Khomsul.

PCM yang hampir berusia satu abad ini, juga mengadakan bantuan berupa pemberian sembako yang rutin diadakan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri dan pada Hari Raya Idul Adha. Program ini merupakan bentuk program eksternal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum. Menjadi harapan besar dengan adanya program ini agar Muhammadiyah dapat terjun langsung serta berkontribusi terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar. ( Dwi Septiarini)

Exit mobile version