Masa Orientasi Thalabah dan Thalibat Baru PUTM

Masa Orientasi Thalabah dan Thalibat Baru PUTM

SLEMAN – Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) baru-baru ini menggelar masa Orientasi Thalabah dan Thalibat Baru. Sebanyak 20 thalabah dan 14 thalibat baru dari seluruh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Daerah (PDM) dan Cabang (PCM) di Indonesia telah mengikuti Masa Orientasi tersebut selama seminggu yang dilaksanakan di Kampus I PUTM di Jalan Kaliurang KM 23,3, Sleman, Yogyakarta.

Masa Orientasi dibuka secara resmi oleh Prof Drs H Sa’ad Abdul Wahid, selaku Direktur PUTM dan diikuti dengan tausiyah yang disampaikan oleh Wakil Direktur PUTM, Ustadz Mohamad Muhajir, Lc, MA. Para peserta diberi materi ke-PUTMan dan ke-Ulamaan, ketarjihan, ke-Aisyiyahan, perkenalan tentang kaidah membaca kitab kuning, motivasi dan lainnya. Serta mengikuti kegiatan sehari-hari PUTM seperti shalat tahajud, puasa Senin dan Kamis dan kerja bakti, sebagai sebuah perkenalan dan pemberi semangat kepada calon ulama Muhammadiyah, yang akan mengikuti program perguruan tinggi di PUTM selama tiga tahun.

Menurut salah satu pengurus PUTM, Ustadz Endi Prasetyo, SThI, “Masa Ta’aruf ini adalah untuk mengenalkan thalabah dan thalibat PUTM tentang kebiasaan apa yang akan dilakukan di PUTM selama menjadi thalabah dan thalibat. Dengan harapan, thalabah dan thalibat dapat beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan di PUTM. Selain itu juga memberikan motivasi dan semangat belajar dan bermuhammadiyah, karena menjadi thalabah dan thalibat PUTM berarti menjadi kader Muhammadiyah yang siap menjadi da’i dan siap diterjunkan di mana saja Muhammadiyah membutuhkan.”

Ustadz Mohamad Muhajir, Lc, MA menambah, “Masa Ta’aruf di PUTM bertujuan agar thalabah dan thalibat baru PUTM memiliki rasa tanggungjawab dan berkewajiban sebagai kader Ulama Tarjih Muhammadiyah dan juga sebagai duta-duta persyarikatan Muhammadiyah masa depan”.• (Khairul Abdillah)

Exit mobile version