Advokasi Layanan Iva dan Sadarnis

Advokasi Layanan Iva dan Sadarnis

 

PANGKEP — Usai menyelenggarakan Peringatan Hari Kanker Payudara Se-Dunia yang dihadiri Ketua Umum PP Aisyiyah Dra Hj Siti Noordjanah Djohantini MM, MSi, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan terus melakukan gebrakan baru untuk menjauhkan perempuan dari kanker servik dan kanker payudara. PDA Pangkep melakukan advokasi awal November lalu, agar pelayanan terhadap pencegahan kedua penyakit mematikan tersebut dapat dilayani seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangkep.

Advokasi dilakukan di unit layanan tingkat Kecamatan di Puskesmas Pangkajene,  Puskesmas Bonto Perak dan Puskesmas Minasatene. Advokasi terkait layanan IVA  (pencegahan kanker servik) dan Sadarnis (pencegahan kanker payudara) serta dukungan anggaran untuk pengadaan alkes sekali pakai untuk menjangkau wilayah yang jauh dari unit layanan dan scalling up Puskesmas Induk.

Advokasi, terutama  terkait perluasan pelayanan IVA ke kelurahan lainnya yang ada di Kecamatan Pangkajene dan Minasatene. Misalnya untuk Minasatene, selama ini hanya melayani Kalurahan Biraeng dan Bonto Langkasa diharapkan dapat melayani kelurahan yang lain juga. Hal ini telah disanggupi Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep dan akan direalisasi saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).• (eff)

Exit mobile version