Membangun Bersama Muhammadiyah Jawa Barat

Membangun Bersama Muhammadiyah Jawa Barat

CIAMIS — Kebersamaan inilah nampaknya yang akan dibangun Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, pasca Musyawarah Wilayah (Muswil)  Muhammadiyah Jawa Barat di STIKES Muhammadiyah Ciamis akhir Desember lalu. Ajakan kebersamaan ini disampaikan Ketua PWM Jawa Barat terpilih Dr Zulkarnaen,SH,MH pada warga dan pimpinan Muhammadiyah Jawa Barat.

Dr Zulkarnaen yang saat ini masih menjadi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ciamis, mengajak untuk bersama-sama membangun Muhammadiyah Jawa Barat. PWM juga akan melanjutkan program yang belum terlaksana, yaitu mengenai Rumah Sakit Muhammadiyah Banjar dan Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB). “Semoga bisa terwujud di PWM Jawa Barat periode ini,” harap dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung.

Dr H Agung Danarto, MAg, wakil sekretaris PP Muhammadiyah,  mengapresiasi terselenggaranya Muswil Muhammadiyah ke-20 Jawa Barat yang berjalan dengan lancar dan dinamis. “Ini akan memberikan pencerahan untuk Muhammadiyah yang berkemajuan di Jawa Barat. Adanya tanggapan dan laporan kinerja PWM lima tahun sebelumnya yang kurang dapat  dijadikan otokritik dan bahan intropeksi,” ujarnya.

Sedangkan Dr H Abdul Mu’ti, MEd, sekretaris PP Muhammadiyah, dalam pembukaannya di lapangan Lokasana Ciamis yang dihadiri peserta dan ribuan simpatisan,  muswil saat ini berlangsung di seluruh Indonesia merupakan rangkaian kelanjutan dari Muktamar ke-47. “Muswil harus mampu menyerap spirit dan kandungan isi muktamar ke 47 yg penting dan strategis, kemudian menjabarkan dan melaksanakan secara organisasi di wilayah masing masing dalam satu kesatuan gerakan,” ujar Mu’ti.

Untuk menyemarakkan Muswil Muhammadiyah Jawa Barat, juga diselenggarakan jambore wilayah Hisbul Wathan Jawa Barat yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cijeungjing Ciamis. Juga diselenggarakan kegiatan gerak jalan santai, bazar ekonomi umat  dan hiburan. Hiburan menampilkan  kesenian wayang golek dari PDM Banjar dengan dalang Dian Herdiana, alumni IPM Kota Banjar, dengan mengkolaborasi jurus jurus tapak suci, di samping pentas kesenian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

Dalam Muswil terpilih 13 formatur, yaitu Zulkarnaen, Dadang Syarifuddin, Haetami, AM Rizal Fadhilla, Machmud Syafe’I, Kosasih Natawijaya, Karman, Rafani Akhyar, Ade Khaeruddin, Suhada, Udin Syaefudin Sa’ud, Rahmat Rusmayadi,dan Jamjam Erawan. Sedangkan pada Muswil ‘Aisyiyah, Muthiah Umar terpilih kembali memimpin PWA Jabar.• (Sugiarto-Ed. Nisa)

Exit mobile version