HIMA Fisika UM Purworejo Gelar Olimpiade Pelajar

HIMA Fisika UM Purworejo Gelar Olimpiade Pelajar

Purworejo — Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Perworejo (UMP), Jum’at (5/2) mengadakan Olimpiade Fisika untuk pelajar SMA, MA, SMK, dan sederajat se-eks Karisidenan Kedu. Kegiatan lomba dalam rangka Momentum of Physics 2016 (Mophycs) itu diikuti 11 tim sekolah dari berbagai kabuten. Diantaranya sekolah dari Kebumen, Purworejo, dan kota Yogya.

Berdasarkan penjelasan dari Ismail Riyanda Ketua Umum HIMA UMP, peserta olimpiade fisika ini harus melalui dua babak lomba, yaitu babak penyisihan yang diikuti oleh semua tim peserta dan babak final yang diikuti oleh lima tim peserta terbaik untuk merebutkan juara satu, dua, dan tiga.

 Pada babak penyisihan, sambung Ismail, masing-masing tim diberi 50 soal pilihan ganda dalam waktu 50 menit. Sedang pada babak final, lima tim terbaik harus merampungkan tujuh soal uraian dalam waktu 45 menit. “Persaingan ketat antar tim sangat terasa pada olimpiade ini, utamanya persaingan yang diikuti oleh lima tim terbaik pada babak final, kata Ismail.

 Lima tim terbaik yang maju ke babak final, yaitu SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dua tim, MAN 3 Yogyakarta satu tim, MAN 2 Kebumen satu tim, dan MAN Purworejo. Setelah semua babak dilalui peserta, akhirnya dewan juri memutuskan tiga tim terbaik. Juara 1 diraih oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, juara 2 diraih MAN 2 Kebumen, dan juara 3 diraih tim MAN Purworejo. (gsh)

Exit mobile version