Kader IMM UHAMKA Berikan Kuliah Tamu di UNIMUS

Kader IMM UHAMKA Berikan Kuliah Tamu di UNIMUS

SEMARANG — Mengawali dimulainya semester baru, Prodi DIII Keperawatan, FIKKES UNIMUS, Semarang menghelat rangkaian kuliah tamu dari beberapa dosen pakar, 24-25 Februari 2015, di aula gedung NRS, Jalan Kedungmundu Raya 18, Semarang. Dalam kesempatan kuliah tamu kali ini kader muda Muhammadiyah dari IMM dipercaya memberikan materi herbal Ath Thibbun Nabawi di hadapan 150 mahasiswa DIII Keperawatan UNIMUS pada Kamis (25/2) siang.

Pemateri lain yang berbicara mengenai herbal Ath Thibbun Nabawi adalah Prof. dr. Rifki Muslim, Sp.U, Direktur Rumah Sakit Roemani, Semarang. Sedang pemateri kedua adalah Joko Rinanto, penulis muda yang baru saja menelurkan buku berjudul Keajaiban Resep Obat Nabi SAW: Menurut Sains Klasik dan Modern, dan mengenyam pendidikan S1 di Jurusan Farmasi, Fakultas Farmasi dan Sains UHAMKA, Jakarta. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Organsisasi dan Kader di Komisariat IMM UHAMKA dan saat ini dipercaya sebagai sekretaris jenderal di International Islamic Medicine Foundation (IIMF).

Para peserta yang terdiri dari mahasiswa tingkat satu hingga tiga tersebut cukup antusias menyimak pemaparan dari Joko Rinanto. Terutama ketika diulas mengenai peluang industri jamu di Indonesia dan potensi herbal lokal yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits, seperti penggunaan minyak borneol dari pohon kamper dan daun senna. Selain itu antusiasme juga ditunjukkan oleh dosen-dosen dan perwakilan dari Lembaga Studi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, UNIMUS ketika dipaparkan materi tentang infuse water buah kurma.

Turut hadir dalam acara, Ka. Prodi DIII Keperawatan UNIMUS, Ns. Heryanto AN., M. Kep, Sp. Kom. Menurut Heryanto, kuliah tamu tersebut adalah salah satu cara mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang ilmu kesehatan holistik agar kelak setelah lulus dapat digunakan di lingkungan masyarakat, juga sebagai upaya mempertahankan kualitas Prodi DIII Keperawatan UNIMUS yang telah memeroleh akreditasi A. Acara yang berlangsung hingga menjelang ashar tersebut ditutup dengan sesi foto pembicara dengan pimpinan Prodi DIII Keperawatan. (ed-Th)

 

Exit mobile version