Kepala Desa Ballasuka Terima Mahasiswa KKP UNISMUH Makassar

Kepala Desa Ballasuka Terima Mahasiswa KKP UNISMUH Makassar

MAKASSAR–Kepala desa Ballasuka Kecamatan Pao Tombolo Kabupaten Gowa, Abd. Hamid,S.Pd di dampingi mantan kepala desa Abd. Malik, S.Sos, MM,  teima sejumlah 20 orang mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammmadiyah Makassar, yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Profesi (KKP) selama dua bulan di desa tersebut. Bertempat di Perguruan Muhammadiyah Ballasuka, Selasa (16/3) turut hadir dan memberikan sambutan dosen Pembimbing, Drs.HM.Husni Yunus,M.Pd, serta sejumlah tokoh masyarakat.

Abd. Hamid, Kepala desa Ballasuka, mengatakan keberadaan mahasiswa Unismuh yang akan melaksanakan KKP /KKN di lokasi ini memberikan arti tersendiri bagi masyarakat. Selain masyarakatnya sudah sangat akrab dengan dengan program mahasiswa yang telah berjalan beberapa tahun di lokasi ini, telah dirasakan nilai yang lebih spesifik dari program yang dijalankan. Program yang dijalankan sendiri adalah pemberdayaan yang berbasis pendidikan masyarakat dan kegiatan keagamaan. Sehingga mampu memberikan nuansa yang lebih Islami dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi masyarakat setempat. Mahasiswa yang melaksanakan KKP diharapkam lebih mampu memberikan pengembangan pemberdayaan pendidikan yang berbasis pertanian terpadu.

Drs. HM. Husni Yunus,M.Pd, dosen pembimbing KKP FAI unismuh, dalam pembinaan mahasiswa yang melaksanakan tugas di lokasi ini, diharapkan mampu mempertajam program yang langsung menyentuh kebtuhan masyarakat. Terutama, dalam kegiatan keagamaan dan juga melalui program pemberdayaan yang berbasis pertanian terpadu dengan melibatkan semua unsur masyarakat. Sehingga, diharapkan mampu meningkatkan kualitas ekonomi umat. Selain hal tersebut, diharapkan para mahasiswa juga mampu melakukan koordinasi dengan kekuatan pelajar dan pemuda di lokasi dengan melakukan program terpadu. Khusunnya, program pekan kreatifitas pemuda dan pelajar yang berbasis ekonomi kerakyatan dan kecerdasan menuju desa yang berkemajuan.

Abd. Malik, S.Sos, MM pun mengharapkan perguruan Muhammmadiyah yang saat ini menerima ratusan siswa baik dari Tsanawiyah dan Aliyah, dapat berubah menjadi Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammmadiyah Ballasuka. Hal tersebut memungkinkan karena Unismuh saat ini memiliki program khusus pembinaan dan pendidikan Ulama Tarjih. Menyadari, hal tersebut sangat diperlukan untuk membangun masyarakat di pegunungan dengan basis pendidikan keagamaan. (ed-Th)

Exit mobile version