Peringati Hari Kartini, FOCUS UMM Pamerkan Foto Karya Perempuan

Peringati Hari Kartini, FOCUS UMM Pamerkan Foto Karya Perempuan

Malang–Banyak cara untuk memperingati perjuangan R.A Kartini. Salah satunya melalui karya fotografi. Seperti yang dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FOCUS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kelompok mahasiswa peminat fotografi ini menggelar pameran foto bertajuk “Saatnya Wanita Berkarya” di Pelataran Kantin Lantai 3.5 UMM, Kamis (21/4).

Ketua Pelaksana Pameran, Muhammad Ikmal mengatakan dengan tema tersebut, FOCUS UMM sangat menghargai karya wanita yang bergelut di dunia fotografi. Oleh karenanya, Ia menjelaskan semua karya yang ditampilkan dalam pameran adalah hasil karya jepretan pengurus perempuan yang ada di FOCUS UMM. “Kami ingin menunjukan bahwa hasil karya mereka tidak kalah bagus dengan anggota kami yang laki-laki,” ujarnya.

Ada sebanyak 104 foto yang dipajang dari 18 pengkarya wanita dalam pameran tersebut. Salah satu yang dipajang adalah hasil karya dari Ekki Ventinila Manandi. Ia mengabadikan foto dari seorang ibu yang bekerja sebagai seorang penambal ban truk di kawasan Bululawang, Kabupaten Malang.

Lewat foto yang diberi judul “Perempuan Pekerja Keras” itu, mahasiswi semester empat jurusan ilmu komunikasi tersebut ingin memberi gambaran jika wanita adalah sosok yang tangguh. “Ia sebagai seorang wanita, tapi dia berani mengambil pekerjaan yang biasanya dikerjakan laki-laki demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya,” ungkapnya semangat.

Selain itu, lewat karyanya tersebut, Ekky juga ingin memberitahu jika saat ini perempuan sudah bisa disetarakan dengan laki-laki di segala bidang. Namun Ia menegaskan, perempuan juga harus ingat kodratnya sebagai wanita. “Kita sebagai wanita juga harus tau batasan, seperti tetap menghargai laki-laki,” imbuhnya. (ed-Th)

 

Exit mobile version