Ponpes Balebo Bekerjasama PUT Unismuh Adakan Pelatihan Tahfidz Al-Qur’an dan Bahasa Arab

Ponpes Balebo Bekerjasama PUT Unismuh Adakan Pelatihan Tahfidz Al-Qur'an dan Bahasa Arab

Luwu Utara–Pondok pesantren Darul Arqam Muhammmadiyah Balebo Masamba Luwu Utara bekerjasama dengan Pendikan Ulama Tarjih Universitas Muhammmadiyah Makassar (Unismuh) adakan Pelatihan Tahfidz Al-Quran dan Pendidikan Bahasa Arab serta membaca kitab kuning pada tanggal 6-8 Mei 2016 mendatang. Acara ini akan dilangsungkan di Kampus Pesantren Balebo Muhammmadiyah, yang akan di ikuti 150 orang peserta dari utusan pembina pondok pesantren se-Kabupaten Luwu Utara. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Dosen dan Pembina PUT Unismuh Makassar.

KH Untung, mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan ini merupakan langka maju bagi seluruh pondok pesantren Muhammmadiyah yang ada di daerah ini. Karena, selain dapat memberikan motivasi bagi para pembina pesantren akan metodologi praktis menghafal Al-Quran serta pendidikan bahasa Arab yang cepat dan terukur, juga memberikan semangat bagi seluruh pengurus pesantren untuk lebih menata dan mengelola pesantren yang lebih professional. Selain itu, mampu memberikan semangat Dakwah bagi seluruh masyarakat Islam khusunnya di Luwu Utara.

Melalui kerjasama yang diberikan Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh Makassar, tentunnya akan menjadi kekuatan Moral dan Spritual dalam mengembangkan dakwah amar makruf nahi munkar. Selain itu pula akan memberikan kejelasan bagi pemerintah setempat bahwa Pesantren ini merupakan Institusi yang patut diperhitungkan dalam peningkatan Sumber daya manusia. Khusunnya, dalam penguasaan Al-Quran dan hadits serta kemampuan dalam membaca Kitab kuning yang saat ini menjadi sesuatu langkah yang dilakukan di persyarikatan Muhammmadiyah pada khususnnya dan Umat Islam pada umumnya.

Drs HM Husni Yunus, MPdI, sekretaris PUT Unismuh Makassar, mengatakan bahwa program kerjasama ini merupakan program yang menjadi perhatian khsusus bagi Institusi. Program ini dianggap mampu memberikan dukungan kepada setiap pesantren Muhammmadiyah di Sulawesi Selatan yang saat ini masing-masing ada di setiap Kabupaten Kota di Sulsel. “Selain mengadakan pembinaan, juga kami telah mengirim alumni untuk memberikan bimbingan langsung di setiap Pondok Pesantren Muhammmadiyah.

Selain program pembinaan pesantren, PUT Unismuh saat ini terus eksis dalam menyiapkan Mubaligh Hijrah, Imam Masjid, mengadakan Pelatihan Da’I bagi Mahasiswa se-Sulsel, serta pembinaan Masjid dalam program Kulliyatul Mubalighin. (ed-Th)

 

Exit mobile version