PDNA Purworejo Adakan PASHMINA

PDNA Purworejo Adakan PASHMINA

Purworejo–Tergerak dari kurangnya perhatian terhadap permasalahan remaja, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Purworejo mengadakan kegiatan Pelayanan Remaja Sehat milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA) (17/4). PASHMINA menjadi wadah berkumpulnya para remaja dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan fisik dan psikologi. Selain itu, PASHMINA juga memberikan edukasi positif dalam berbagai aspek atau sisi kehidupan para remaja.

Bulan April ini, PASHMINA menggandeng SLB Muhammadiyah Purworejo untuk ikut serta mengambil peran dalam mengisi acara dan menampilkan hasil kreativitas siswa berupa kesenian seperti menyanyi, menari dan bermain alat musik. Dengan harapan, para siswa yang memiliki bakat dan kreativitas dapat terwadahi. Bahkan dari beberapa siswa yang tampil pada acara PASHMINA juga memiliki prestasi yang luar biasa baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Pada agenda PASHMINA sebelumnya juga bekerjasama dengan SD Muhammadiyah Kutoarjo dan beberapa Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang Pendidikan dalam memeriahkan acara maupun menjadi objek edukasi. Selain bekerjasama dengan AUM bidang Pendidikan, juga bekerjasama dengan Amal Usaha bidang Kesehatan seperti RSU Aisyiyah Purworejo dalam memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gizi.

Acara dimulai pukul 06.00 bersamaan dengan car free day (CFD) di alun – alun Purworejo. Antusiasme warga Purworejo sangat baik terhadap kegiatan ini. Terbukti hampir ratusan pengguna CFD terdaftar mengunjungi pos pemeriksaan, meski tidak seluruhnya usia remaja, karena banyak juga pengunjung yang berusia dewasa bahkan lanjut usia. Beberapa pos yang lain seperti pos konsultasi gizi, psikologi, dan kesehatan reproduksi juga diminati pengunjung meski tidak sebanyak yang ada pada pos pemeriksaan. Untuk menambah pengetahuan, pada pos edukasi juga diberikan lembaran materi yang bernilai pendidikan dan kesehatan.

Selain diadakan di alun – alun Purworejo, kedepan PASHMINA juga akan diadakan di sekolah – sekolah yang merupakan amal usaha bidang pendidikan di Kabupaten Purworejo utamanya sekolah – sekolah dari tingkat SD – SMA dan SMK. Dengan mengambil nama “PASHMINA Goes to School” harapannya partisipasi aktif dari para siswa dan siswi yang notabene berusia remaja akan lebih terasa. Selain sebagai ajang konsultasi dan edukasi, PASHMINA juga dapat menjadi jalan dalam berlangsungnya proses perkaderan.

Sebagai upaya memasifkan dakwah, PASHMINA sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisiyah yang sudah banyak dihelat oleh banyak Pimpinan Nasyiatul Aisyiyah baik yang berada di tingkat wilayah, daerah, cabang, maupun ranting yang ada di Indonesia. (ed-Th)

Exit mobile version