Rakernas MPK Konsolidasi Arah Program dan Kegiatan

Rakernas MPK Konsolidasi Arah Program dan Kegiatan

SUARAMUHAMMADIYAH, YOGYAKARTARapat Kerja Nasional Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang berlangsung di Gedung PPPPTK Matematika, Codong Catur, Yogyakarta dijadikan sebagai ajang konsolidasi arah program dan kegiatan. Rakernas yang berlangsung selama tiga hari, Kamis sampai Sabtu (28-30/4/2016) dihadiri oleh perwakilan MPK pimpinan wilayah se-Indonesia dan perwakilan ortom.

Memasuki sesi kedua, pada malam hari, rakernas memiliki hajatan pemaparan arah program dan kegiatan MPK PP Muhammadiyah, yang menghadirkan Dr. Mutohharun Jinan, selaku narasumber. Dalam presentasinya, sekretaris MPK PP Muhammadiyah itu menyatakan bahwa arah program dan kegiatan MPK PP Muhammadiyah telah tersusun untuk jangka waktu dua puluh tahun. Sehingga dalam perjalanannya, setiap program dan kegiatan MPK memiliki garis panduan dan target capaian di setiap lima tahun periodeisasi.

“Program Muhammadiyah 2015-2020 merupakan penjabaran dan pemfokusan program jangka panjang untuk lima tahun ketiga masa berlakunya program jangka panjang ke dalam program jangka menengah dalam periode dimaksud. Program Muhammadiyah 2015-2020 disesuaikan dengan pentahapan program sebagaimana dicantumkan dalam program jangka panjang sesuai dengan masalah, konteks, dan visi pengembangan yang aan dicapai pada periode tersebut,” ujar Mutaohharun Jinan.

MPK telah menyusun rencana strategis bidang perkaderan 2005-2025, yaitu membangun kekuatan dan kualitas pelaku gerakan serta peran dan ideologi gerakan Muhammadiyah dengan mengoptimalkan sistem kaderisasi yang menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan tentang visi dan misi ideal Muhammadiyah. “Dalam rangka mencapai visi ideal terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, Muhammadiyah memiliki misi ideal berupa; pertama, menegakkan tauhid yang murni berdasarkan al-Quran dan al-Sunnah. Kedua, menyebarluaskan dan memadukan ajaran Islam yang bersumber pada al-Quran dan al-Sunnah yang shahihah/maqbulah. Ketiga, mewujudkan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat,” tegasnya.

Selain visi ideal, MPK juga melakukan usaha-usaha untuk mewujudkan visi pengembangan bidang kader 2015-2020. “Yaitu berkembangnya fungsi dan kualitas perkaderan yang sistemik dengan memperteguh militansi, kompetensi, dan peran kader Muhammadiyah sebagai pelaku gerakan di tengah dinamika Persyarikatan, umat, bangsa, dan perkembangan global,” urainya. (Ribas)

Exit mobile version