Hadapi MEA: Muhammadiyah Akan Kumpulkan Ratusan Saudagar Di Yogyakarta

Hadapi MEA: Muhammadiyah Akan Kumpulkan Ratusan Saudagar Di Yogyakarta

SUARA MUHAMMADIYAHMenghadapi era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sekitar 500 orang saudagar Muhammadiyah akan berkumpul di Yogyakarta pada tanggal 12-15 Mei. Acara ini dipusatkan di Hotel Sahid Rich Yogya Jl. Magelang KM 6 No.18 Yogyakarta dan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jl. Lingkar Selatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

“Kegiatan ini akan dirangkai dalam tiga event besar yaitu Rakernas MEK, Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Baitut Tamwil Muhammadiyah (Induk BTM), dan Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah,” ungkap Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ir. M. Nadjikh.

Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) sendiri akan dihadiri para saudagar dari seluruh penjuru tanah air dari berbagai latar belakang bisnis. Dalam database Muhammadiyah, para saudagar itu bergerak di berbagai sector, seperti: agribisnis, perkebunan, perikanan, kuliner, pangan olahan, industri kreatif, perdagangan, modern market dan lain-lain.

Direncakan, acara ini dibuka oleh H.M. Yusuf Kalla (Wakil Presiden RI), Dr. Haedar Nashir (Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Sutrisno Bachir (Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional/KEIN) dan Sri Sultan Hamengkubuwono X (Gubernur DIY). Acara Temu JSM ini diketuai Herry Zudianto, SE, Akt, MM, mantan Wali Kota Yogyakarta selama dua periode.

Azrul Tanjung, SE, M.Si Sekretaris MEK menjelaskan bahwa sejumlah narasumber yang akan mengisi forum tersebut di antaranya adalah Dr. Anwar Abbas (Sekjen MUI/Ketua PP Muhammadiyah), Ir. M. Najikh (pengusaha nasional, Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah yang juga CEO PT. Kelola Mina Laut), Irwan Hidayat (CEO PT.Sido Muncul Tbk), Achmad Zaky (Founder e-commerce Bukalapak.com). Di samping itu ada pengusaha nasional Beni Sutrisno, Yendra Fahmi, Nasyid Majidi. Termasuk Mayjen (Purn.) Muchdi PR yang sekarang menjadi salah satu penasehat atau Dewan Pakar MEK PP Muhammadiyah.

Ia pun menambahkan bahwa pertemuan ini juga akan dimeriahkan dengan expo dari para pebisnis Muhammadiyah tersebut dengan sedikitnya 50 stand pameran yang disediakan. Expo kali ini dikemas dalam format Business to Business. Sehingga akan terjadi deal-deal bisnis yang saling menguntungkan dan sinergis antar para saudagar. Penguatan jaringan dan sinergi bisnis menjadi sebuah keharusan dalam memenangkan persaingan. “Para saudagar Muhammadiyah diharapkan dapat meningkatkan daya saing bisnis, profesionalisme usaha,  penguatan jaringan bisnis dan siap bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” lanjut Azrul.

Dua kegiatan lain adalah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Baitut Tamwil Muhammadiyah (Induk BTM).

Rakernas ini akan dihadiri seluruh pengurus MEK Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se-Indonesia. Event ini dihelat dalam rangka konsolidasi organisasi, merumuskan program dan rencana strategis gerakan Ekonomi Muhammadiyah. “Seperti diketahui, Muhammadiyah pada Muktamar ke-47 tahun 2015 lalu di Makassar menetapkan bahwa bidang Ekonomi menjadi pilar ketiga gerakan dakwah Muhammadiyah, setelah sukses di bidang pendidikan dan kesehatan,” lanjutnya.

Sedangkan RAT Induk BTM akan dihadiri kurang lebih 200 orang pengurus koperasi sekunder dan koperasi primer BTM atau BMT yang berada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah seluruh Indonesia. BTM atau BMT sendiri merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang berbadan hukum koperasi yang berfokus membantu pembiayaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah, termasuk para petani, peternak dan nelayan.

Informasi lengkap kegiatan tersebut dapat diakses melalui web: http://www.saudagarmu.com/,
Fanspage: https://web.facebook.com/saudagarmu/, Twitter: https://twitter.com/saudagarmu
Instagram: https://www.instagram.com/saudagarmu/. Bagi para pebisnis yang berminat mengikuti Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah dapat mendaftar langsung melalui website di atas atau menghubungi panitia di nomor HP/WA Nur Aisyah Haifani 081226511910 atau Putri Permata Sutan 081392020468. (Pedri Kasman-Th)

Exit mobile version