AMM Pasaman Barat Siap Kelola Sampah

AMM Pasaman Barat Siap Kelola Sampah

Sumbar–Belum lama ini, tim Perencanaan Teknis Manajemen Persampahan (PTMP) dari Kementrian PU di Pasaman Barat, tinjau Pusat Pengelolaan Sampah (PPS) Ujung Gading, yang telah dikelola oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pasbar semenjak tahun 2012 silam.

Dalam rangka persiapan pembuatan Master Plan Sampah yang dirintis oleh angkatan muda Muhammadiyah nantinya, dalam kesempatan tersebut, Puji Kasmawardana Putra didampingi Rifel Solihin selaku tim ahli dari PTMP pun melakukan peninjauan lokasi. Ia menilai pengelolaan sampah yang dilakukan AMM Pasbar sudah baik bahkan diluar dugaan sebelumnya, “Angkatan Muda Muhammadiyah luarbiasa,” katanya.

Berawal dari seminar lingkungan yang dilakukan AMM sebelumnya, termasuk juga dukungan pemerintah daerah, sehingga mendapat bantuan operasional. Hendrayani ketua PPS menerangkan bahwa bantuan tersebut berupa becak motor sebanyak 16 unit, satu unit mobil pengangkut sampah, dan lahan penumpukan sementara (LPS) milik nagari ujung gading seluas 1,5 Ha.

Ia pun menyampaikan bahwa bagi sampah daur ulang, pihaknya sudah mengirim ke luar daerah seperti medan dan juga Jakarta. “Untuk pengomposan saat ini sedang tahap pembelajaran,” imbuhnya. Hingga sekarang pihaknya telah memiliki 900 orang peserta Bank Sampah ini.

Pada kesempatan itu, Ade Herdiwansyah mengatakan bahwa pengelolaan sampah ini, merupakan kewajiban kita bersama yang mana telah dimulai angkatan muda muhammadiyah pasbar tahun 2012 silam. “Sesuai dengan pengalaman yang sudah dilakukan mudah-mudahan pengelolaan sampah se-Pasaman Barat diserahkan ke angkatan muda Muhammadiyah,” ungkap ketua PD PM Pasbar. (Novia Anizar)

Exit mobile version