Wapres Meminta Saudagar Muhammadiyah Jadi Motor Ekonomi Umat

Wapres Meminta Saudagar Muhammadiyah Jadi Motor Ekonomi Umat

YOGYAKARTA, suaramuhammadiyah.com.-   Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) meminta Saudagar Muhammadiyah untuk menjadi motor ekonomi umat. “Tinggal menyuntik spirit enterprenership, Saudagar Muhammadiyah akan berhasil karena telah terbiasa dengan manajerial,” kata JK pada pembukaan Temu Jaringan Saudagar Muhammadiyah di Yogyakarta, Sabtu (14/5/2016).

Menurut JK, upaya untuk menguatkan ekonomi umat sebetulnya telah mulai dilaksanakan pada masa penjajahan Belanda. Upaya itu ditandai dengan berdirinya Syarikat Dagang Islam. Saat ini, tumpuan untuk meningkatkan ekonomi umat itu ada pada dua organisasi Islam di Indonesia, Muhammadiyah dan NU.

Karenanya, JK meminta ekonomi dikembangkan di Muhammadiyah. Selama ini Muhammadiyah telah berhasil mengembangkan pendidikan dan kesehatan. Ia yakin Muhammadiyah mampu melakukan pengembangan ekonomi ini.

Selain spirit, menurut JK, dalam hal mengembangkan usaha ekonomi ini harus memakai akal. Ini tentu telah dimiliki oleh saudagar Muhammadiyah. Sebab saudagar itu, artinya seribu akal. Saudagar Muhammadiyah harus mempunyai banyak akal untuk mengembangkan ekonomi umat.

Muhammadiyah juga sudah punya modal untuk memajukan ekonomi ini. Muhammadiyah punya banyak lembaga pendidikan, tinggal memberikan sprit bisnis pada anak didik maka bibit pengusaha atau saudagar dapat dilahirkan Muhammadiyah.  (le)

Exit mobile version