Muhammadiyah dan Aisyiyah Harus Fokus Tangani Problem Sosial

Muhammadiyah dan Aisyiyah Harus Fokus Tangani Problem Sosial

PEKALONGAN. suaramuhammadiyah.com– Sebagai lembaga dakwah, yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan, baik Muhammadiyah dan Aisyiyah dituntut untuk fokus pada problematika sosial yang pada dewasa ini cenderung meningkat dengan relatif cepat. Permasalahan seperti narkoba dan pergaulan bebas di kalangan remaja dan orang tua memerlukan perhatian serius dari organisasi sosial kemasyarakatan, termasuk di dalamnya Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Demikian ditegaskan Wakil Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz ketika memberikan sambutan pada pelantikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Pekalongan, Minggu (8/5) di SMK Muhammadiyah Pekalongan.

“Untuk itu, diharapkan para pimpinan yang baru saja dilantik agar segera menyusun program kerja yang konkret dan dapat dilaksanakan. Tingkatkan sinergi dengan kelompok-kelompok lain di tengah masyarakat, termasuk di dalamnya dengan pemerintah,” katanya. Ia pun menambahkan, “Sinergitas tersebut bagian dari deteksi dini untuk mencegah berbagai pemasalahan sosial.”

Di tengah keprihatinan negeri yang disebut sebagai darurat narkoba dan pergaulan bebas, Muhammadiyah tetap harus optimis mampu mengatasinya. Hal ini dikarenakan masih adanya organisasi seperti Muhammadiyah dan Aisyiyah yang telah terbukti pengabdiannya bagi bangsa dan negara, bahkan semenjak Indonesia belum merdeka.

Sementara itu, Ketua PDM Pasrum Affandi dalam sambutannya menyatakan jika selama 5 tahun ke depan pihaknya fokus pada penguatan apa yang telah dicapai oleh kepemimpinan  periode yang lalu. Ketiga agenda tersebut adalah penguatan di bidang organisasi, pendidikan dan pengembangan cabang-ranting. “Jika penguatan di ketiga aspek tersebut dapat dilakukan, kami meyakini problematika sosial di tengah masyarakat. Tentunya hal ini dilakukan dengan bersinergi dengan para pemangku kepentingan yang lain, termasuk dengan Pemerintah Kota Pekalongan,” ujar dia.

Para pimpinan Muhammadiyah yang dilantik oleh Wakil Ketua PWM Jateng M Yazid Jamil adalah Ketua PDM Pasrum Affandi, Wakil Ketua Hasan Bisri, Sekretaris Tubagus MS dan Nyoto Slamet, Bendahara Kartono dan Usamah Said. Koordinator Bidang Dakwah M Hasan Bisysri dan Imam Suradji, Koordinator Bidang Kesehatan Jamaluddin Aljefft dan Iim Fatimah, Koordinator Bidang Pendidikan Suryani, Abuzar dan Warida. (tim liputan pdm kota pekalongan)

Exit mobile version