Pesantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi Luluskan 22 Santri

KUANTAN SINGINGI-suaramuhammadiyah.com. Pondok Pensantren KH Ahmad Dahlan Kuantan Singingi mewisuda sebanyak 22 orang santri angkatan ke IV dan mengukuhkan 96 Alumni angkatan ke XX tahun 2016 pada Selasa, (18/5).

Acara dihadiri Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Propinsi Riau, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Drs H Wan Abu Bakar, MSi, Wakil Bupati Kuantan Singingi Drs H Zulkifli, MSi, Penasehat Muhammadiyah Drs H Mursini MSi, yang juga Bupati terpilih, Ketua PDM Kuantan Singingi Dr.Agus Mandar, Tokoh Muhammadiyah, Pimpinan Ortom,  Pimpinan Cabang  Muhammadiyah se- sekuantan Singingi, wali santri dan seluruh civitas Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan.

H Mulkan M Sarin, Lc, MA Direktur Pondok Pesantren dalam laporannya menyampaikan, “Pada usia 23 tahun Ponpes ini, kita selalu berbenah, baik secara kualitas maupun kuantitas, sarana dan prasarana, sesuai dengan visi misi ponpes KH Ahmad Dahlan “Tafaqquh Fiddin, unggul dalam Bahasa dan Iptek 2020.”  Ia menambahkkan bahwa untuk mencapai itu semua, mereka sudah mulai dalam kurun waktu 3 tahun ini. “49 orang santri kita sudah fokus kepada Hifzil Qur’an, kita sudah menciptakan club bahasa, serta ilmu dan teknologi, dan tentu juga harus didukung oleh SDM, ini yang belum kita miliki. Di bidang fisik, saat ini kita sudah membangun asrama santri,” imbuhnya.

“Ke depan setiap cabang Muhammadiyah harus memiliki amal usaha terutama bidang pendidikan, di samping pengajian rutin, kegiatan sosial dan da’wah harus tetap dilakukan,” tutur Dr Agus Mandar Ketua PDM Kuantan Singingi.

Ketua PWM Riau Drs H Wan Abu Bakar, MSi memberikan apresiasi yang tinggi  untuk Muhammadiyah Kuantan Singingi, yang telah mampu membangun Ponpes KH Ahmad Dahlan ini dengan baik, sehingga pada usia 23 tahun tetap eksis dan maju. “Sesuai dengan cita-cita, KH Ahmad Dahlan, kita  harus mampu menciptakan kader yang menguasai dua kemampuan yaitu kemampuan ilmu agama dan umum, dan juga harus kita ingat, pondok pesantren kita ini harus mampu menciptakan kader ulama yang sekarang sudah mulai langka,” ungkapnya.

Senada dengannya, Ilyas, MA Mewakili Kementerian Agama propinsi Riau menyampaikan bahwa  Kementerian Agama sangat bangga terhadap Ponpes-ponpes yang ada di propinsi Riau. “Ponpes KH Ahmad Dahlan sudah memiliki nama di propinsi riau, teruslah berbenah, kuasai ilmu Agama dan umum,” pesannya. Drs H Zulkifli M.Si, Wakil Bupati Kuantan Singingi mengharapkan pemerintahan kedepan lebih memperhatikan pendidikan pesantren ini dengan sungguh-sungguh. (JHH)

Exit mobile version