Berdayakan UMKN, Muhammadiyah Surabaya Gelar Kampoeng Ramadhan

Berdayakan UMKN, Muhammadiyah Surabaya Gelar Kampoeng Ramadhan

SURABAYA.suaramuhammadiyah.id –- Dalam rangka memberdayakan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus sebagai bagian dari pilar ketiga Muhammadiyah, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah hingga Pimpinan Cabang dan Ranting. Salah satunya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya menggelar bazar bertajuk Kampoeng Ramadhan 2016 di JX Expo Surabaya pada tanggal 6-19 Juni 2016. Kegiatan ini menampilkan beberapa stand mulai dari stand makanan, pakaian, keperluan rumah tangga, hingga stand biro perjalanan umroh.

Bazar Kampoeng Ramadhan 2016 diselenggarakan melalui kerjasama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya dengan PT Mitra Media Kreasi. Muhammadiyah menyadari bahwa pemberdayaan ekonomi harus melibatkan berbagai komponen masyarakat. Oleh karena itu, Muhammadiyah sangat terbuka untuk bekerjasama dengan siapa saja.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PD Muhammadiyah Kota Surabaya, Mahsun Djayadi, menyatakan bahwa pelaksanaan acara ini sebagai pengejawantahan pilar ketiga Muhammadiyah, sebagai amanat muktamar ke-47 di Makasar. Selama ini, pilar Muhammadiyah terdiri dari pendidikan, kesehatan, dan kini ditambah dengan pilar pengembangan bidang ekonomi. “Pilar ketiga ini harus menjadi bagian yang dikembangkan, bersama dengan UMKM di Jatim,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (7/6/2016).

Mahsun menjelaskan, kegiatan ini memiliki beberapa misi, salah satunya sebagai ajang silaturahmi antara seluruh umat Islam khususnya warga Muhammadiyah dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya, sekaligus sebagai tempat promosi untuk UMKM. Kegiatan ini juga sebagai wujud menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan bahagia dan suka cita.

Selain itu, acara Kampoeng Ramadhan 2016 ini dijadikan sebagai salah satu ijtihad ekonomi warga Muhammadiyah untuk menjadi umat yang mandiri dan memiliki basis kekuatan ekonomi yang tangguh (Ribas).

 

Exit mobile version