Universitas Muhammadiyah Bandung Siap Beroperasi di Tahun Ajaran 2016/2017

Universitas Muhammadiyah Bandung Siap Beroperasi di Tahun Ajaran 2016/2017

BANDUNG.suaramuhammadiyah.idAmal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam bidang apapaun selalu lahir dari keringat dan proses panjang. Termasuk dalam hal pendirian AUM bidang pendidikan yang kini tersebar di seluruh pelosok negeri. Dalam waktu dekat, Muhammadiyah akan memiliki satu lagi universitas terbaru di Jawa Barat. Pendirian Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) yang telah dirintis sejak tahun 1968 akan segera terwujud.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sudah mengeluarkan izin operasional bagi UMB, sehingga bisa segera operasional mulai Agustus tahun ini. “Alhamdulillah UMB akhirnya bisa terwujud setelah dicita-citakan sangat lama sejak tahun 1968,” kata Ketua panitia pendirian UMB, Dadang Syaripudin, Selasa, (14/6/2016).

Menurut catatan historis, pada tahun 1968 pernah ada perkuliahan dengan salah satu mahasiswanya adalah mantan anggota DPRD Kab. Bandung, Kasjvul Anwar. “Waktu itu belum universitas melainkan sekadar akademi yang tahun 1970 akhirnya berhenti sama sekali,” kata Dadang.

Semangat dari segenap warga Muhammadiyah Bandung untuk memiliki universitas tidak pernah pupus. Pada tahun 1985, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jabwa Barat merintis lagi pendirian UMB, namun baru berupa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIM) dan tahun 2000 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lengkong mendirikan Sekokah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah (STIEM). “(Menyikapi hal ini) PW Muhammadiyah Jabar kepanasan karena pengurus kecamatan bisa membuat STIEM sehingga akhirnya bersemangat lagi untuk mendirikan UMB. Namun, baru bisa terwujud pada tahun 2016 ini,” ungkapnya.

UMB merupakan perguruan tinggi sama sekali baru dengan tidak menggabungkan beberapa sekolah tinggi di lingkungan Muhammadiyah Jabar yang sudah ada sebelumnya, seperti STAIM, STIEM, maupun STIPER Aisyiyah. “Rencananya UMB akan menempati gedung di Jalan Banteng Dalam dan akan menempati gedung baru di Jalan Soekarno-Hatta dekat Mapolda Jabar,” tutur Dadang

Keberadaan UMB yang akan membuka lima fakultas pada tahun pertama ini akan menambah daftar jumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Di Jawa Barat, mayoritas Pengurus Daerah Mumammadiyah (PDM) sudah memiliki universitas. Total ada 19 universitas Muhammadiyah di Jawa Barat, yang tersebar di antaranya di Tasikmalaya, Cirebon, dan Sukabumi (Ribas).

Exit mobile version