Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Tegal Raih Prestasi Kejujuran Penyelengara UN SMP

Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Tegal Raih Prestasi Kejujuran Penyelengara UN SMP

TEGAL.suaramuhammadiyah.id— Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Tegal sukses meraih prestasi sebagai penyelenggaran Ujian Nasional nilai kejujuran tertinggi tingkat SMP/ MTs. Sebagai apresiasi, pada Kamis (09/06/2016), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan memberikan piagam penghargaan untuk sekolah sekolah penyelengga UN dengan integritas tertinggi di jenjang SMP/ MTs Negeri swasta.

Sekolah Muhammadiyah yang memperoleh nilai integritas tertinggi adalah SMP Muhammadiyah Jatinegara dengan  nilai diatas 80. Di posisi berikutnya disusul MTs Muhammadiyah Ahmad Dahlan Balapulang Kab Tegal, MTs Muhammadiyah Dukuhturi, SMP Muhammadiyah Lebaksiu. Penyerahan penghargaan tesebut diserahkan langsung oleh kepala Dinas Dikpora Kab Tegal, Sallu Panggalo.

“UN yang telah menjadi tradisi tahunan dalam dunia pendidikan, senyatanya dijadikan sebagai ajang untuk menguji integritas moral para pelaku dan penanggung jawab pendidikan. Sejauh mana kejujuran dijunjung tinggi selama proses berlangsung, dapat dijadikan miniatur integritas moral siswa maupun guru. Sebagaimana Mendikbud dalam berbagai kesempatan menyebutkan, bahwa UN sebagai ujian kejujuran bagi guru dan siswa,” ungkap Widodo Sag selaku Kepala MTs Muhammadiyah Ahmad Dahlan Balapulang.

Integritas moral siswa dapat tercermin melalui perilaku jujur dalam mengerjakan soal dan tidak berupaya mencari celah bocoran atau jawaban. “Integritas siswa ini dapat dibangun dengan menumbuhkan kesadaran bahwa perilaku tidak jujur merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Sedang integritas moral guru dapat tercermin melalui sikap guru yang menghargai nilai kejujuran siswa dan menegakan aturan yang ditetapkan dalam prosedur pelaksanaan UN dengan sungguh-sungguh,” tambahnya (Hendra Apriyadi/MPI PDM Kab Tegal).

Exit mobile version