PCM Paguyangan Brebes Gelar Simposium Nasional Pendidikan

BREBES, suaramuhammadiyah.id— Dalam rangka meningkatkan peran serta Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pengetahuan teknologi dan informasi, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Paguyangan menyelenggarakan National Symposium for Education yang mengusung tema “Menyiapkan Manusia Unggul Teknologi Modern dan Kompetisi Bisnis di ASEAN di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” di Gedung Convention Hall Hotel Anggraeni, Bumi Ayu.

(Baca juga; Sebut Muhammadiyah Ahli di Bidang Pendidikan, Bupati Brebes Minta Muhammadiyah Terus Berkonstribusi)

Kegiatan simposium tersebut menampilkan Prof Dr Eng Imam Robandi, MT dari PP Muhammadiyah dan pelopor JPSM (Jaringan Penggerak Sekolah Muhammadiyah) sebagai key note speaker yang menyampaikan materi mengenai Manusia dan Industrialisasi. Adapun narasumber yang lain dalam acara simposium tersebut adalah Mulyana AZ (Ketua Majelis Pustaka PWM Jawa Timur) dengan materi Super Leadership, Prof Sasongko P (Guru Besar FT UGM) dengan materi Menuju Bangsa Kreatif dan Dr Ali Rokhman (Dekan FISIP UNSOED Purwokerto) dengan materi Peluang Teknologi Informasi Dalam Membangun Bangsa.

Simposium ini  diikuti oleh  450 peserta yang terdiri dari guru TK, SD/MI, SMP dan SMA/SMK baik swasta maupun negeri dari kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas dan Cilacap serta  pengurus ranting dan cabang dari beberapa PCM. Kegiatan simposium ini dihadiri juga oleh Drs Joko Mulyanto MPd selaku ketua PDM  serta Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE.

(Baca juga; Pelantikan PDPM Brebes Periode 2015-2020)

Dalam sambutannya, Drs Abdul Djamil, MM sebagai ketua PCM Paguyangan menekankan bahwa kegiatan simposium ini diadakan sebagai karya nyata dari PCM Paguyangan untuk ikut mencerdaskan bangsa melalui peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap perkembangan dan pemanfaatan teknologi Informasi.

Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaikan apresiasi kepada pengurus PCM Paguyangan atas  terselenggaranya  kegiatan  simposium seperti ini. Pemerintah merasa sangat terbantu dalam usahanya  meningkatkan Indek Prestasi Manusia (IPM) Kabupaten Brebes yang masih relatif rendah.

Sementara itu, Prof Imam Robandi menyampaikan bahwa “Power of Success“ harus melibatkan 3 pilar, yaitu do’a, ilmu dan semangat. Jika setiap orang dalam perjalanan mewujudkan cita-citanya menerapkan 3 pilar tersebut secara berimbang, maka kesuksesan akan menjadi garansi bagi pencapaiannya.

Untuk kedepannya, PCM Paguyangan ingin berkiprah dalam memajukan perekonomian masyarakat dengan  merencanakan menggelar kegiatan serupa yang bertemakan  Perekonomian  dan Bisnis. Dengan demikian diharapkan Muhammadiyah bisa berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa dari berbagai segi kehidupan sebagai manifestasi dari slogan “Indonesia Berkemajuan” (RIDWAN).

Exit mobile version