Oleh Setyadi Rahman
إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِه اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
فَيَااَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِالتَّقْوَي االلَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.
فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَمَّابَعْد.
Jamaah sidang Jum’ah yang dimulyakan Allah,
Mari kita berandai-andai. Andaikata bumi dan segenap isinya, termasuk manusia dengan segala aktivitasnya, diperkecil formatnya menjadi sebesar bola globe, sehingga segala sudut bumi dapat dilihat dan diamati, niscaya kita akan menemukan pemandangan yang luar biasa. Betapa sibuknya bumi dengan aktivitas manusia di segala bidang kehidupan yang demikian padat dan beragam. Akan terlihat aktivitas damai manusia dalam situasi normal, tetapi sebaliknya, juga akan tampak beragam konflik antarsesama umat manusia dalam wujud aksi tawuran dalam skala kecil maupun peperangan dalam skala besar.
Itu semua adalah aktivitas lahiriah yang dapat dilihat dengan mata kepala kita masing-masing. Masalahnya adalah apakah kita dapat menyaksikan aktivitas batiniah manusia. Jawabannya jelas dan tegas, yaitu: Tidak! Di sinilah pangkal tertipunya manusia oleh manusia lainnya, juga pangkal kesalahan manusia dalam menilai manusia lainnya. Bahkan, yang lebih mengerikan adalah ketidaktahuan manusia akan status amal perbuatannya sendiri, yakni apakah betul-betul akan menghasilkan pahala ataukah justru dosa; apakah benar-benar akan berujung pada masuknya kita ke dalam surga ataukah justru masuk neraka.
Terhadap amal perbuatan orang-orang kafir di dunia, secara tegas Allah SwT menyatakan sebagai suatu hal yang sia-sia belaka sekalipun perbuatan itu mereka klaim sebagai perbuatan baik. Allah SwT berfirman dalam QS al-Kahfi: 103-105 yang artinya sebagai berikut.
“Katakanlah: ‘Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?’ (*) Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. (*) Mereka itu orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Tuhan mereka dan (kafir terhadap) perjumpaan dengan Dia. Maka hapuslah amalan-amalan mereka, dan Kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi (amalan) mereka pada hari kiamat.” (*)
Ma’asyiral muslimin rahimakumullah,
Ayat di atas menegaskan betapa ruginya menjadi orang kafir karena seluruh amal perbuatannya, termasuk yang baik-baik, ditolak oleh Allah SwT. Meskipun demikian, sebagai seorang muslim, kita tidak boleh over estimate dan memastikan bahwa amal perbuatan kita secara otomatis akan diterima Allah SwT tanpa kecuali. Penerimaan amal perbuatan oleh Allah Swt sangat tergantung pada keikhlasan dan kemurnian niat kita yang semata-mata karena Allah SwT. Keikhlasan adalah amal batiniah yang sejatinya hanya Allah SwT saja yang dapat mengetahuinya. Kita sebagai pelakunya ternyata sering teledor untuk mencermatinya dan sangat lemah untuk mengetahuinya. Nauudzu billaahi min dzaalik.
Dalam sebuah hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bercerita tentang tragedi yang menimpa tiga orang muslim yang amal perbuatan mereka ditolak oleh Allah SwT pada hari kiamat, padahal dalam pandangan manusia, mereka adalah pahlawan, ilmuwan, dan dermawan.
إِنَّ أَوَّلَ النَّاسِ يُقْضَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَيْهِ رَجُلٌ اُسْتُشْهِدَ، فَأُتِـيَ بِهِ، فَعَرَّفَهُ نِعْمَتَهُ، فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: قَاتَلْتُ فِيْكَ حَتَّى اسْتُشْهِدْتُ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَ لَكِنَّكَ قَاتَلْتَ لِأَنْ يُقَالَ جَرِيْءٌ! فَقَدْ قِيْلَ: ثُمَّ أُمِرَ بِهِ، فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِـى النَّارِ؛ ….
Artinya: “Sesungguhnya manusia yang pertama kali diadili pada hari kiamat adalah [pertama] seseorang yang dinyatakan mati syahid. Selanjutnya, ia dihadirkan (ke mahkamah Ilahi), lalu Allah menunjukkan kepadanya segala nikmat-Nya, maka ia pun mengetahuinya. Kemudian Allah bertanya: “Apa yang kamu lakukan dengan nikmat-nikmat itu?” Orang itu pun menjawab: “Saya berperang karena Engkau sampai saya mati syahid.” Allah menyangkal: “Kamu berdusta! Kamu berperang karena ingin disebut sebagai pemberani!” Kemudian [malaikat pun]diperintahkan untuk menyeretnya dengan kepala di bawah, dan melemparkannya ke dalam neraka;
Rasulullah Saw melanjutkan ceritanya:
….. وَ رَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَ عَلَّمَهُ وَ قَرَأَ الْقُرْآنَ، فَأُتِـيَ بِهِ، فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ، فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَ عَلَّمْتُهُ، وَ قَرَأْتُ فِيْكَ الْقُرْآنَ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَ لَكِنَّكَ فَعَلْتَ لِأَنْ يُقَالَ عَالِـمٌ! وَ قَرَأْتَ الْقُرْآنَ لِيُقَالَ: هُوَ قَارِئٌ! فَقَدْ قِيْلَ: ثُمَّ أُمِرَ بِهِ، فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِـى النَّارِ؛ …..
Artinya: “ ….. dan [kedua] adalah seseorang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya serta membaca Al-Qur’an. Ia pun dihadirkan (ke mahkamah Ilahi), lalu Allah menunjukkan kepadanya segala nikmat-Nya, maka ia pun mengetahuinya. Kemudian Allah bertanya: “Apa yang kamu lakukan dengan nikmat-nikmat itu?” Orang itu pun menjawab: “Saya belajar ilmu dan mengajarkannya serta membaca al-Qur’an semata-mata karena Engkau.” Allah menyangkal: “Kamu berdusta! Kamu melakukannya karena ingin disebut sebagai orang yang alim!” Kemudian [malaikat pun] diperintahkan untuk menyeretnya dengan kepala di bawah, dan melemparkannya ke dalam neraka; …..
Rasulullah Saw pun mengakhiri ceritanya:
….. وَ رَجُلٌ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ وَ أَعْطَاهُ مِنْ أَصْنَافِ الْمَالِ، فَأُتِـيَ بِهِ، فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ، فَعَرَفَهَا، قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: مَا تَرَكْتُ مِنْ سَبِيْلٍ تُحِبُّ أَنْ يُنفَقَ فِيْهَا إِلاَّ أَنْفَقْتُ فِيْهَا لَكَ، قَالَ: كَذَبْتَ، وَ لَكِنَّكَ فَعَلْتَ لِيُقَالَ: هُوَ جَوَّادٌ! فَقَدْ قِيْلَ: ثُمَّ أُمِرَ بِهِ، فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِـى النَّارِ.
Artinya: “ ….. dan seseorang yang diberi Allah keluasan rezeki dan memberinya bermacam-macam harta benda. Selanjutnya, ia dihadirkan (ke mahkamah Ilahi), kemudian Allah memberitahukan kepadanya segala nikmat-Nya, maka ia pun mengetahuinya. Lalu Allah bertanya: “Apa yang kamu lakukan dengan nikmat-nikmat itu?” Orang itu pun menjawab: “Saya membelanjakannya di jalan yang Engkau cintai dan menginfakkannya semata-mata karena Engkau.” Allah menyangkal: “Kamu berdusta! Kamu melakukannya karena ingin disebut sebagai dermawan!” Kemudian ia pun diseret dengan kepala di bawah, lalu dilemparkan ke dalam neraka.” (HR Muslim)
Zumratal mukminin a’azzakumullah,
Semoga riwayat di atas mendorong kita untuk bersikap waspada dalam menjalani kehidupan di dunia ini; untuk berhati-hati dalam menata hati dan niat yang benar, yang ikhlas semata-mata karena Allah. Tentu saja sabda Rasulullah di atas tidak membatasi hanya pada tiga orang tersebut. Profesi-profesi lain yang ditekuni manusia di segala bidang kehidupan mempunyai kemungkinan dan peluang yang sama untuk mengalami nasib serupa. Nauudzu billaahi min dzaalik.
بَارَكَ اللهُ لِـيْ وَ لَكُمْ فِـى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَ نَفَعَنِـيْ وَ إِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَ تَقَبَّلَ مِنِّـيْ وَ مِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.
KHUTBAH II
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ وَلاَ عُدْوَانَ إِلاَّ عَلَى الظَّالِمِيْنَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Jamaah sidang Jum’ah yang dimulyakan Allah,
Marilah kita akhiri renungan Jum’at ini dengan berdoa ke hadirat Allah, semoga Allah SwT berkenan mengabulkan doa kita, antara lain, menjadikan kita sebagai hamba Allah yang senantiasa ikhlas dalam melakukan berbagai aktivitas dan kreativitas di dunia ini dengan niat semata-mata karena Allah SwT. Amin.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ مَا عَلِمْنَا مِنْهُ وَمَا لَمْ نَعْلَمْ. اَللَّهُمَ أَصْلِحْ أَحْوَالَ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَرْخِصْ أَسْعَارَهُمْ وَآمِنْهُمْ فِيْ أَوْطَانِهِمْ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ.
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
.رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.
*) Drs. Setyadi Rahman, M.P.I. adalah Guru Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan Dosen STAIT Jogja.