Inilah Mobil Balap F-1 Tenaga Surya Kreasi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

Inilah Mobil Balap F-1 Tenaga Surya Kreasi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

Dalam rangka menyalurkan karya cipta kreasi teknologi, siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri membuat mobil balap formula 1 bertenaga hibrid.

Mahasiswa UMY Perkenalkan Inkubator Alam untuk Daerah 3T
Pembuatan mobil tersebut dikerjakan oleh empat orang siswa kelas XI jurusan TKR dan satu orang siswa kelas X jurusan TKR. Kelima siswa tersebut adalah Adon Vendy Pradana, Edi Sofyan, Nasyid Muzaki, Ade Rivan Hidayatullah dan Rafif Yuhdi Arrizal.
Proses pembuatan mobil ini bawah bimbingan oleh tiga orang guru mata pelajaran produktif TKR yaitu Harry Agus Susanto, S.Pd.T, Agung Suyanto, S.Pd dan Aan Zudiyanto, S.Pd.T dan dikerjakan selama dua bulan. Dari 1 Maret sampai dengan akhir April 2016.

SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Raih Peringkat 4 Nasional Honda Student Skill Contest

Mobil balap formula 1 ini memiliki dua sumber tenaga penggerak hibryd yang berasal dari motor listrik yang disuplai dari tenaga surya digabung dengan mesin bensin.
Tenaga penggerak dari motor listrik dihasilkan dari panel sel surya yang terletak di bagian atas mobil disimpan dalam baterai, selanjutnya dari energi listrik tersebut digunakan untuk memutar motor listrik BLDC yang terletak pada kedua roda depan mobil balap tersebut. Mesin bensin sebagai tenaga penggerak cadangan diletakka di belakang untuk memutar roda belakang mobil.

Pelantikan Bersama PCM PCA Imogiri, Luncurkan Ambulans Gratis
Kedua sumber tenaga penggerak mesin baik motor listrik BLDC maupun mesin bensin dapat bekerja saling bergantian dan juga dapat menggerakkan mobil secara bersama-sama.

SMK Muhammadiyah 3 Weleri Juarai Honda Technical Skill Contest
Kepala SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Drs H Nur Wahyuntoro menyampaikan kalau pembuatan mobil balap formula 1 bertenaga surya tersebut selain bertujuan untuk mewadahi ide kreatif karya cipta teknologi siswa, juga bertujuan untuk memberi wawasan makin menipisnya ketersediaan sumber energi fosil khususnya minyak bumi dan pentingnya memanfaatkan sumber energi alternatif tenaga surya yang masih sangat melimpah.
Dalam waktu dekat, mobil balap formula 1 SMK Muhammadiyah Imogiri akan segera dilaunching di kantor PP Muhammadiyah jalan Cik Di Tiro Yogyakarta (NWT)

Exit mobile version