Kudeta Militer Ankara Mencekam

Kudeta Militer Ankara Mencekam

ANKARA, suaramuhammadiyah.id. Ibukota Turki Ankara mencekam pasca pengumuman Kudeta Militer. “Suara tembakan dan ledakan keras terdengar, sebagai jet militer dan helikopter terlihat terbang di atas, “ kata seorang Reuters melaporkan dari Ankara.

Selain itu, sebuah helikopter militer telah menyerang markas polisi Ankara dan Reuters mengatakan parlemen dikelilingi dengan tank. Sedangkan saksi Reuters lain di Istambul  melaporkan mendengar tembakan di bandara Istanbul.

Seorang koresponden Al Jazeera di kota pesisir Izmir melaporkan pergerakan militer yang luar biasa  di baratkota pada hari sebelumnya.

Di Gaziantep, sebuah kota di selatan, Al Jazeera Zeina Khodr melaporkan bahwa pendukung Erdogan telah turun ke jalan, mengindahkan panggilan-Nya bagi orang-orang untuk memprotes. Mobil dialirkan menuju bandara.

Kantor berita Dogan mengutip anggota militer pada hari Jumat yang mengatakan bahwa mereka ingin “untuk menginstal ulang tatanan konstitusional, demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan, untuk memastikan bahwa aturan hukum sekali lagi memerintah di negeri ini, untuk hukum dan agar dipulihkan ”

Baca: Militer Turki Kudeta, Pemerintahan Sipil Melawan

“Kami tahu mereka telah bertindak di luar rantai komando,” Cemalettin Hasimi, seorang juru bicara pemerintah mengatakan kepada Al Jazeera, merujuk ke bagian dari tentara di belakang upaya kudeta.

“Tapi kekuatan demokrasi telah berhasil mengambil situasi kembali terkendali. DPR akan berkumpul di setengah jam.” Kata Jubir Pemerintah Turki (le).

Exit mobile version