Geliat Kepanduan Hizbul Wathan, Secercah Harapan Pengkaderan di Banyuwangi

Geliat Kepanduan Hizbul Wathan, Secercah Harapan Pengkaderan di Banyuwangi

BANYUWANGI.suaramuhammadiyah.id – Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Itulah yang dilakukan anak-anak muda Hizbul Wathan Cabang Genteng saat ini. Dengan terus berkiblat pada semboyan sedikit bicara banyak bekerja telah menuai banyak hal positif. Dalam satu hari, bisa melakukan tiga agenda sekaligus berkat adanya kesolidan tim Kwartir Cabang Genteng.

Sebagai bentuk pewujudan mengemban amanah sebaik mungkin serta menertibkan administrasi seperti yang digaungkan Rakanda Muhammad Nasir (Ketua Umum terpilih) dalam visi misinya ketika Musyawarah Cabang, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Cabang Genteng pada Ahad, (24/7) berhasil melantik 31 kader taruna melati 1 angkatan ke 7, serta 12 kader taruna melati 2 angkatan ke 2.

“Kegiatan pelantikan kali ini kami isi dengan pengembangan softskill yakni membuat yel-yel interaktif untuk setiap jenjang, membuat dan mengaplikasikan game outdoor maupun indoor untuk setiap calon taruna melati 1, serta belajar menjadi konseptor yang ahli dan belajar menjadi fasilitator yang handal untuk taruna melati 2,” ujar Samsul F, selaku Ketua Panitia saat upacara pembukaan pada hari Sabtu (23/7), di halaman SMP Muhammadiyah 8 Pandan.

Samsul menjelaskan bahwa yang lulus taruna melati 1 dan 2 bukan hanya sebagai bentuk seremoni belaka namun mereka akan menjadi pelatih Hizbul Wathan sementara hingga adanya lulusan jaya meti 1 yang memumpuni serta siap melatih dan menjadi pelatih qabilah.

“Di samping kegiatan inti tersebut, kami juga mengadakan diklat tamu penghela akselerasi. Dalam diklat ini diambil kader Hizbul Wathan yang telah kami didik sejak di tingkatan pengenal sejumlah sepuluh kader. Ke sepuluh kader yang mengikuti diklat ini mayoritas adalah pimpinan dewan pasukan yang aktif membina kader pengenal. Dan tentunya mereka juga aktif di setiap kegiatan yang di adakan kwartir cabang, baik dalam kegiatan pelatihan maupun perkemahan,” ungkapnya.

Senada, Muhammad Nasir juga mengemukakan tentang pembinaan dan perkaderan yang telah berjalan selama ini. “Di kwartir cabang Hizbul Wathan Genteng saat ini hanya memiliki 3 pelatih qabilah termasuk saya salah satunya sedangkan ada 17 qabilah bimbingan kami. Karena domain atau wilayah kerja kami hanya sebatas cabang, maka kami tidak bisa mengadakan secara mandiri kegiatan kursus dewasa karena itu adalah wilayah kwartir daerah yang keluarannya menjadi pelatih qabilah. Oleh sebab itu, kami memerdayakan lulusan taruna melati 1 dan 2 menjadi pelatih qabilah” ujarnya.

Kegiatan pelantikan ini mengambil tempat di SMP Muh 8 Pandan yang lokasinya berdekatan dengan kegiatan halal bihalal yang di selenggarakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Genteng. “Selain mensukseskan kegiatan pelantikan, kami juga harus mensukseskan kegiatan ayahanda Muhammadiyah. Terbukti kami bisa mengahadirkan lebih dari 50 kader di luar peserta pelantikan dan pasukan drumb band HW SMP Muhammadiyah 1 Genteng,” pungkasnya (kabid kominfo-dokhan pkurogojampi).

Exit mobile version