Siti Chamamah Soeratno: Aisyiyah Pelopori Perempuan Indonesia Mengenyam Pendidikan

Siti Chamamah Soeratno: Aisyiyah Pelopori Perempuan Indonesia Mengenyam Pendidikan

TEGAL, suaramuhammadiyah.id– Bertempat di Gedung Ex Samsat Kota Tegal, Jl Ki Gede Sebayu Tegal pada Ahad, 7 Agustus 2016 berlangsung acara Tabligh Akbar dan pelantikan BPP-Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tegal Periode 2015-2020, sebagai puncak peringatan Milad ke 102 Aisyiyah dengan tema “Gerakan Perlindungan Anak dan Penguatan Keluarga Menuju Generasi Bangsa yang Berkemajuan”, diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Tegal.

Tabligh Akbar dihadiri oleh Wakil Walikota Tegal HM. Nursoleh MPd, Ketua Pimpinan Derah Muhammadiyah Kota Tegal Nadirin Maskha, serta ratusan warga Aisyiyah Kota Tegal.  Sebagai pembicara pada acara Tabligh Akbar kali ini adalah Ibu Prof Dr Hj Siti Chamamah Soeratno,   Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah tahun 2000 – 2010.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Milad ke 102 Aisyiyah, Dra Hj Hatmi Sulistiyati, Apt menyampaikan,  rangkaian kegiatan Milad yang sudah mulai dilaksanakan sejak bulan Juni 2016, antara lain : Kuliah Dhuha Ramadhan tanggal 6 – 25 Juni 2016/ 1-20 Ramadhan 1437 H dilaksanakan oleh PDA Majlis Tabligh; Kedai Ramadhan tanggal 6 Juni – 5 Juli 2016/ 1-30 Ramadhan 1437 H dilaksanakan oleh PDA Majlis Ekonomi; Santunan anak asuh non panti dan lansia dhua’fa pada bulan Ramadhan 1437 H dilaksanakan oleh PDA dan PCA  Majlis Kesejahteraan Sosial; Bazar Ramadhan dilaksanakan serentak pada tanggal 26 Juni 2016 oleh 5 PCA se Kota Tegal.

Aisyiyah Tegal juga menyelenggarakan Kegiatan Parenting, Lomba Mewarnai dan Pazel untuk anak-anak TK ABA se Kota Tegal dilaksanakan oleh PDA Majlis Dikdasmen bekerjasama dengan  PDA Majlis Hukum dan HAM; Kunjungan ke Lapaz Perempuan Kota Tegal pada tanggal 27 Juli 2016 dilaksanakan oleh PDA Majlis Tabligh bekerjasama dengan PDA Majlis Kesejahteraan Sosial

Selanjutnya ada kegiatan Pelatihan Pengolahan Limbah Non Organik pada bulan Agustus 2016 dilaksanakan oleh PDA Majlis Pembinaan Kader bekerjasama dengan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Kebencanaan; Donor darah, pemeriksaan IVA dan Papsmir pada bulan Agustus dilaksanakan oleh  PDA Majlis Kesehatan, dan dipungkasi dengan Acara Puncak kegiatan Milad 102 adalah Tabligh Akbar disertai Bazar pada tanggal 7 Agustus 2016 dilaksanakan oleh Majlis Ekonomi dan Cabang-Cabang se Kota Tegal.

Prof Dr Hj Siti Chamamah Soeratno dalam ceramahnya menyampaikan QS. Ali Imron : 104 dan QS An-Nahl : 97.  Beliau juga menyampaikan bahwa Aisyiyah telah mempelopori kebangkitan wanita Indonesia untuk mengecap pendidikan.  Warga Aisyiyah harus cerdas dan berpendidikan tinggi.  Aisyiyah Kota Tegal harus siap untuk melakukan  pembangunan berkelanjutan. Aisyiyah merupakan mitra kerja pemerintah,  sehingga setiap program kerja pemerintah yang berhubungan dengan perempuan, Aisyiyah selalu dilibatkan.

Alhamdulillah rangkaian acara kegiatan Tabligh Akbar dan Pelantikan BPP-PDA Kota Tegal Periode 2015-2020 telah berjalan dengan lancar.  Dan acara ditutup dengan do’a dipimpin oleh Hj Maskani Azizah.  Sukses untuk Aisyiyah Kota Tegal (Rizanatin Misliati, M.MPd, Ketua LPPA PDA Kota Tegal).

Exit mobile version