Mantan Menkop Adi Sasono Meninggal Dunia

Mantan Menkop Adi Sasono Meninggal Dunia

JAKARTA, suaramuhammadiyah.id,- Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka dari Jakarta.  Adi Sasono, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada era Presiden B.J. Habibie, meninggal  dunia.

Adi Sasono meninggal Sabtu (13/8/2016), pukul  17.20 WIB  di RS Mayapada Lebak Bulus, Jaksel. jenazah Adi Sasono belum tiba di rumah duka. Almarhum Adi Sasono meninggal karena penyakit kanker hati yang dideritanya. Almarhum sudah berada di RS Mayapada selama 3 hari.

Adi Sasono meninggal dalam usia 67 tahun, ia lahir di Pekalongan 16 Januari 1949, Pemakaman Adi Sasono rencananya akan dilakukan pada siang hari usai salat zuhur di TPU Tanah Kusir, Jaksel, Minggu (14/8). Berangkat dari rumah duka Jl. Swakarya Bawah/1D Komplek DDN 1, Pondok Labu, Jaksel.

Adi Sasono menghabiskan seluruh hidupnya dalam dunia ekonomi kerakyatan. Usai menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM, alumnus jurusan teknik sipil Institut Teknologi Bandung tersebut menjabat Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dari tahun 2005 hingga 2009.
Lalu, Adi Sasono menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Syariah 165, Ketua Umum Koperasi Ekonomi Rakyat Nusantara, Ketua Dewan pengawas Koperasi Selaras, dan jabatan penting lainnya.
Atas jasanya, mantan Sekretaris Jenderal Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI) itu mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Indonesia sesuai Keppres No.076/TK/TH.1999, tanggal 13 Agustus 1999. Ia juga memperoleh penghargaan Upakarti yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk pengembangan industri kecil pada tahun 1990.

Oleh Lembaga Studi Pembangunan (LSP), Adi Sasono juga mendapatkan penghargaan Agha Khan Award karena menerapkan prinsip membangun tanpa menggusur terkait perencanaan dan pembangunan kota Samarinda. Selamat Jalan  Adi Sasono, semoga amal sholehmu diterima Allah SWT (le).

Exit mobile version