Mahasiswa Thailand, UNDIP dan STIKES PKU Muhammadiyah Memasak Bersama

Mahasiswa Thailand, UNDIP dan STIKES PKU Muhammadiyah Memasak Bersama

SOLO, suaramuhammadiyah.id– Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Solo siang itu, Senin (15/8), tampak dipenuhi puluhan mahasiswa. Belasan orang di antaranya adalah mahasiswa asing, yakni mahasiswa dari Khon Kaen University Thailand. Sementara beberapa orang lainnya, adalah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, serta dari STIKES PKU Muhammadiyah Solo. Namun di ruangan itu, mereka tidak sedang mengikuti seminar internasional ataupun mendengarkan kuliah pakar. Mereka justru sedang asyik memasak bersama dengan menu Tomyam, salah satu masakan khas Negara Thailand.

Di antara mahasiswa asing tersebut, tiga di antaranya laki-laki, yaitu Watcharapong Sarawong, Mette Muanmat, dan Kritsada Saithongyon, yang terlihat begitu piawai memasak. Meskipun begitu, mahasiswa perempuan pun tak lantas berdiam diri. Mereka saling membantu untuk memasak Tomyam. Aneka bumbu dan bahan untuk membuat Tomyam, antara lain ketumbar, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, daun jeruk, kecap ikan, udang, serai, minyak cabai, jahe, lengkuas, dan lain-lain, segera mereka olah dan masak.

Sementara di sisi lainnya, juga terdapat satu meja besar dan panjang yang menyajikan aneka bumbu masakan untuk salah satu makanan khas Indonesia, yaitu nasi kuning. Di meja tersebut, para mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Solo bersama mahasiswa dari UMS dan Undip juga memasak nasi kuning lengkap dengan lauk-pauknya.

Aktivitas yang dilakukan puluhan mahasiswa dari Khon Kaen University Thailand bersama mahasiswa UMS, Undip, dan STIKES PKU tersebut merupakan serangkaian kegiatan study visit di STIKES PKU Muhammadiyah Solo.

Disampaikan kepala LPMPI dan Urusan Internasional STIKES PKU Muhammadiyah, Anis Prabowo, menjelaskan, kunjungan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama antara Khon Kaen University Thailand dengan STIKES PKU Muhammadiyah.

“Kunjungan sebenarnya bukan hanya dari Khon Kaen saja, tapi gabungan empat universitas (STIKES PKU Muhammadiyah Solo, Khon Kaen University Thailan, Undip, dan UMS) dalam Program Summer Course,” terangnya.

Sebelum melakukan study visit ke STIKES PKU Muhammadiyah, mahasiswa yang terdiri atas 20 orang itu terlebih dahulu melakukan kunjungan belajar ke UMS, Undip, dan STIKES PKU Muhammadiyah. Selain mempelajari sisi akademik perguruan tinggi di setiap kampus yang dikunjungi, mahasiswa-mahasiswa tersebut saling bertukar informasi tentang budaya atau culture. Dalam kesempatan itu para mahasiswa juga melihat secara langsung satu per satu ruangan yang ada di STIKES PKU Muhammadiyah, antara lain laboratorium, ruang kuliah, ruang Ketua STIKES PKU Muhammadiyah, dan perpustakaan.

“Hari ini mereka kami ajak untuk berkeliling kampus. Karena kegiatan akademis sudah dilaksanakan di UMS dan Undip, maka di STIKES PKU Muhammadiyah ini dipilih aktivitas yang lebih santai yaitu memperkenalkan masakan khas negara masing-masing dengan memasak langsung. Dari Indonesia untuk mahasiswa asingnya, diperkenalkan nasi kuning, sedangkan mahasiswa Thailand memasak Tomyam,” ungkapnya (tgh).

Exit mobile version