Bangun Kesadaran Kesehatan Reproduksi, Aisyiyah Gelar Kompetisi Video Pendek

YOGYAKARTA, suaramuhammadiyah.id– Dalam rangka membangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan reproduksi, khususnya bagi perempuan, Pimpinan Pusat Aisyiyah, menyelenggarakan kempetisi video pendek. Pendaftaran peserta dan pengumpulan video pendek yang diperuntukkan untuk umum ini akan berlangsung sejak 8 Agustus s.d. 1 Oktober 2016.

Kompetisi ini bertujuan agar perempuan dan laki-laki memahami tentang hak-hak kesehatan reproduksi.  Termasuk kesadaran pentingnya pemenuhan akses layanan hak-hak kesehatan reproduksi, berupa  pemeriksaan tes IVA Papsmear dan Sadari/Sadarnis (Periksa Payudara Klinis) agar terhindar dari kanker serviks dan kanker payudara. Selanjutnya, untuk menghasilkan generasi emas perempuan perlu didukung untuk memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan, melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan menyusui anaknya selama 2 tahun dengan dukungan suami dan keluarga.

Agar perempuan terjamin kesehatan reproduksinya dan tidak mengalami Kehamilan Tidak Dikehendaki (KTD) dikarenakan ketiadaan dukungan dan akses atas penggunaan alat kontrasepsi, maka perempuan perlu mendapatkan informasi dan layanan alat kontrasepsi secara lengkap sesuai dengan kondisi tubuhnya, baik menggunakan alat kontrasepsi hormonal dan non hormonal. Untuk terpenuhi hak-hak tersebut, maka dukungan suami sangat diperlukan.

Untuk menjamin terpenuhinya hak-hak reproduksi perempuan di semua fasilitas kesehatan dasar (Puskesmas, Pustu, Polindes), pemerintah harus menyediakan fasilitas kesehatan yang ramah perempuan, yaitu : Cafetaria KB, Pojok ASI, Layanan Test IVA Papsmear, Sadarnis dan Layanan Kesehatan Produksi Remaja.

Dilatarbelakangi oleh kegelisahan tersebut, PP Aisyiyah menyelenggarakan kompetisi video dengan topic terkait dengan dua hal. Pertama, ajakan bagi para perempuan dan laki-laki untuk lebih tahu tentang dan memeriksakan dirinya atas resiko: kanker payudara dan kanker serviks. Kedua, ajakan bagi perempuan dan laki-laki untuk lebih tahu tentang : menyusui dengan ASI Eksklusif; Suami dan Keluarga Peduli ASI; Perjuangan Ibu; menggunakan alat-alat kontrasepsi (KB) yang tepat bagi tubuhnya; suami ber-KB; Fasilitas Kesehatan Ramah Perempuan, serta Pencegahan Pernikahan Dini.

Syarat dan Kententuan:

  1. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diperoleh dari:
  1. Kantor Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Jl. KH. A. Dahlan 53, Yogyakarta, 55161 – Indonesia, T/F: 0274 – 373277
  2. Diunduh dari website ‘Aisyiyah : aisyiyah.or.id, atau www.unisayogya.ac.id
  3. Meminta langsung dengan mengirim email ke : komvid@gmail.com
  4. Formulir pendaftaran yang telah diisi, dikembalikan ke Panitia melalui email ke : komvid@gmail.com
  1. Karya Peserta paling lambat harus sudah diterima pada tanggal 1 Oktober 2016 pukul 18.00 (Cap Pos/ Kurir) atau diantar langsung ke Kantor Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.
  1. Pengumuman finalis akan dilakukan pada tanggal  15 Oktober 2016.
  2. Peserta harus mempunyai master video dengan kualitas baik (HD/Full HD) untuk penayangan penjurian.
  1. Peserta adalah mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi (baik PTN maupun PTS) di seluruh Indonesia.
  1. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis).
  2. Cerita video pendek adalah tentang ajakan bagi perempuan dan laki-laki untuk lebih mengerti tentang hak-hak kesehatan reproduksi.
  3. Durasi video maksimal 3 menit.
  4. Menggunakan kamera jenis apapun dengan minimum resolusi 1280 x 720 pixel
  5. Materi Video durasi pendek yang diikutkan lomba dikirim dalam DVD dengan format .MOV, .AVI atau .MPEG, MP4 (H264).
  6. Menampilkan logo ‘Aisyiyah dan logo Unisa Yogya di akhir video.
  7. Bahasa yang dapat digunakan di dalam keseluruhan video durasi pendek ini adalah Bahasa Indonesia, bahasa asing, maupun bahasa daerah. Jika menggunakan bahasa asing atau daerah diwajibkan untuk menyertakan sub-title (teks)  bahasa Indonesia dalam video tersebut.
  8. Video merupakan karya baru, orisinal, bukan hasil jiplakan dan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis.
  1. Video harus berupa media campaign yang mengandung unsur pendidikan, informasi dan menghibur (eduinfotainment).
  2. Judul video bebas, sesuai dengan inti cerita dan tema lomba.
  3. Peserta bertanggungjawab sepenuhnya terhadap isi video dan pengiriman karya.
  1. Video tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia: kesusilaan, moral, dan SARA (Suku, Agama, dan Ras), kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  2. Peserta harus mengisi dan mengirimkan kepada panitia : formulir pendaftaran lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri, judul dan sinopsis film yang diajukan dilengkapi dengan dokumen pendukung (seperti Fotocopy KTP/Kartu Mahasiswa).
  1. Video wajib di upload di Youtube peserta dan panitia diberikan link url yang disertakan dalam formulir pendaftaran (jumlah viewer akan menentukan kategori Pemenang Favorite).
  1. Setiap peserta yang terdaftar boleh mengikutsertakan lebih dari 1 (satu) buah video hasil karyanya (dengan satu Formulir Pendaftaran dan pengiriman masing-masing tersendiri).
  2. Peserta menyetujui bahwa hak untuk setiap dan semua bagian yang telah diberikan kepada panitia dalam bentuk tertulis, tercetak, tersiar, terekam di pita dan versi elektronik lainnya yang merupakan hasil dari pengerjaan proyek dipegang dan dimiliki sepenuhnya oleh ‘Aisyiyah dan Unisa Yogya, sedangkan hak cipta tetap pada peserta.
  3. Video yang dikirimkan berhak disiarkan atau ditayangkan oleh panitia untuk keperluan media pendidikan atau sosialisasi ke berbagai pihak.

Kriteria Penilaian:

  1. Originalitas atau bukan merupakan karya plagiat.
  2. Kesesuaian video dengan tema yang telah ditentukan
  3. Kesesuaian video dengan syarat-syarat yang tertera (durasi, resolusi dan format)
  4. Nilai pesan yang disampaikan (eskplisit dan implisit)
  5. Keputusan dewan juri dan panitia dalam melakukan seleksi dan membuat kebijaksanaan adalah absolut dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Tidak menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), tidak melanggar hukum, atau menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  1. Juri terdiri dari Akademisi, Praktisi/Videomaker dan Produser/Sutradara.
  2. Panitia tidak menyediakan biaya penggantian pembuatan dan pengiriman karya.
  3. Pemenang dan Hadiah :
    1. Juara Terbaik I : Rp 10.000.000,- + Piagam + Trophy
    2. Juara Terbaik II : Rp 7.500.000,- + Piagam + Trophy
    3. Juara Terbaik III : Rp 5.000.000,- + Piagam + Trophy
    4. Juara Favorite : Rp 2.500.000,- + Piagam
  4. Pajak hadiah ditanggung pemenang.
  5. Contact Person :
    1. Ade Putra : 085729829099
    2. Krisna M : 0819 28 28 1973
Exit mobile version