Anggota APUNA Harus Jadi Pengusaha Tangguh

Anggota APUNA Harus Jadi Pengusaha Tangguh

YOGYAKARTA.suaramuhammadiyah.id-Hj. Dyah Suminar, S.E., Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Aisyiyah dalam forum Temu Asosiasi Pengusaha Nasyiyatul Aisyiyah (APUNA) berpesan bahwa Pengusaha NA harus memiliki watak yang tangguh dalam berwirausaha. Menurutnya, mereka yang sudah berumah tangga bukanlah kendala untuk memperkuat ekonomi keluarga. Terlebih, bagi wanita yang berwirausaha, menurtnya mampu memberikan keuntungan dari 70-80% bagi keluarga.

“Ibu-ibu muda yang punya usaha dan kuat di ekonomi, dapat memberi dampak 70% hingga 80 % bagi keluarga,” tutur Dyah di dalam forum yang menjadi salah satu rentetan acara Muktamar NA, di pelataran Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Pertemuan yang diselenggarakan pada Kamis (25/08) tersebut mengangkat tema ‘Penguatan Peran Perempuan Muda Berkemajuan dalam Meningkatkan Ekonomi Bangsa’

Dyah pun membagi tipsnya bagi para anggota APUNA untuk menjadi pengusaha yang tangguh. Di antaranya adalah bahwa para pengusaha atau ibu-ibu muda hendaknya terus belajar, menjaga disiplin dalam berwirausaha dan terus mencari peluang.

“Pertama adalah bisa belajar. Menjadi wirausahawan harus fokus dan mau untuk terus belajar. Kita harus dapat belajar dan mengamati sehingga kita dapat mengembangkan produk usaha kita ” jelas Istri mantan walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, tersebut.

Selain itu, para mengusaha NA juga harus mencintai produk sendiri, walaupun masih baru dalam dunia usaha. Di samping itu, pengusaha juga harus banyak berteman dan memperbanyak jejaring. “Apapun produknya, sekecil apapun, kita harus mencintai produk kita sendiri. Jangan lupa memperbanyak teman, karena ini sangat penting untuk membangun relasi dan memasarkan produk,” lanjutnya.

Ia pun mengingatkan bahwa para pengusaha NA harus berhati-hati dalam menerima tawaran-tawaran yang instan dan tidak rasional dari internet, karena resikonya tertipu. Ia juga mengharapkan bahwa ke depannya, jangkauan forum ini harus diperbesar skalanya agar mampu memupuk rasa percaya diri para anggotanya.

“Forum ini harus lebih besar nantinya, agar percaya diri kita semua pun akan lebih kuat,” tandasnya (Th).

 

Exit mobile version