Muslim Chiba Jepang Beli Gedung Untuk Masjid, Siapa Mau Bantu?

Muslim Chiba Jepang Beli Gedung Untuk Masjid, Siapa Mau Bantu?

CHIBA, suaramuhammadiyah.id,- Muslim  Chiba Jepang yang tergabung dalam Chiba Islamic Cultural Center (CICC), saat ini berencana untuk membeli gedung untuk masjid. Selama ini gedung itu sudah digunakan CICC dengan menyewa, pemilik merelakan gedung tersebut untuk dibeli CICC dan harus dilunasi September tahun ini.

Chiba sendiri adalah kota yang terletak sekitar 40 km dari ibukota Jepang, Tokyo. Komunitas muslim CICC ini terdiri dari ratusan orang dari berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Pakistan, Uyghur, dan Arab dan berprofesi sebagai mahasiswa (S1- S3), karyawan, ibu rumah tangga, dan lain lain.

Contact person dari muslim Indonesia di Chiba ini terdiri atas mahasiswa pascasarjana Chiba University yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Chiba. Untuk laki- laki dapat menghubungi Imam Albania, Febry Pandu Wijaya, Farohaji Kurniawan, Marlin Ramadhan Baidillah dan Fedri R. Rinawan. Untuk perempuan dapat menghubungi Mulki Angela maupun perwakilan Pengajian Muslimah Chiba (Indah Fajarwati dan Riyanti S.H. Pranoto).

Rencana pembelian gedung Masjid Nishi Chiba sendiri telah direncanakan oleh CICC sejak beberapa tahun lalu. Selama ini warga muslim di kota Chiba dan sekitarnya menyewa ruang lantai 3 dari gedung ini sebagai mushola dan toko makanan halal (halal shop), dengan membayar uang sewa bulanan sekitar 10 juta rupiah per bulan dari donasi warga dan hasil penjualan toko.

Setiap hari, CICC menyelenggarakan sholat berjamaah di masjid dengan imam dari Pakistan. Selain itu, juga melakukan beberapa kegiatan keagamaan, seperti pengajian bapak-bapak/ laki-laki (ikhwan) dan ibu-ibu/ perempuan (akhwat), belajar iqra untuk anak-anak dan sebagainya.

Kini kebutuhan umat muslim di sini semakin meningkat untuk melakukan aktivitas keagamaan. Oleh karena itu, CICC beranikan diri untuk bayar uang muka sebagai tanda jadi pembelian gedung tersebut. Jika pada saatnya tidak dapat melunasi, uang muka tersebut hilang.

Ke depannya, CICC berencana untuk memperluas kegiatan masjid sebagai bentuk syiar Islam di Jepang, seperti penyediaan tempat khusus untuk perpustakaan Islam untuk berdiskusi dengan orang Jepang yang berkunjung, tempat tersendiri untuk sholat ibu-ibu, tempat untuk pembinaan anak-anak, maka kami berencana untuk membeli bangunan sebagai masjid Nishi Chiba (menggantikan fungsi mushola selama ini).

Masjid di Jepang jumlahnya terhitung sedikit, di kota Chiba pun hanya 1 mushola ini yang selama ini dipakai untuk kegiatan keagamaan (sementara itu di perfektur/ propinsi Chiba ada masjid/mushola yang letaknya di kota lain).

Bangunan yang akan dibeli adalah bangunan 5 lantai dengan harga sekitar 5.5 milyar rupiah. Harga ini terhitung murah karena hanya 1 menit dari stasiun Nishi Chiba (stasiun pada jalur kereta JR Sobu Line, penghubung Tokyo dengan Narita International Airport) dan 5 menit dari kampus Chiba University.

Sejak beberapa tahun yang lalu, donasi yang CICC kumpulkan baru mencapai 700 juta rupiah. Pada bulan Februari 2016 CICC memberanikan diri untuk menandatangani kontrak untuk pembelian gedung dengan membayar uang muka sebagai tanda jadi. Selanjutnya pelunasan harus dilakukan hingga bulan Juli 2016. Total dana yang harus dibayarkan adalah 52 juta yen. Dengan donasi yang tercatat hingga 2 Mei 2016, kami masih mengalami kekurangan dana sebesar 44 juta yen.

Alhamdulillah pemilik bangunan telah setuju untuk memperpanjang deadline pembayaran hingga 30 September 2016, namun jika CICC tidak bisa melunasi pembayaran di tanggal tersebut, kontrak akan dibatalkan dan CICC akan kehilangan uang down payment yang telah dibayarkan sebesar 400 Juta rupiah serta diharuskan keluar dari bangunan.

Oleh sebab itu, CICC ingin mengajak saudara-saudara semuanya untuk berdonasi dalam pembelian masjid ini. Karena sesungguhnya “Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga (HR Bukhari dan Muslim)”. Sedikit saja yang kita infakkan di jalan Allah, insya Allah akan banyak manfaatnya untuk kita di dunia dan di akhirat. Ingin donasi ke pembelian masjid chiba Jepang  silahkan klik https://kitabisa.com/masjidchibajepang (le).

Exit mobile version