Ketua MPR Tandatangai Program Rumah Sakit dan Komunitas Siaga Bencana

Ketua MPR Tandatangai Program Rumah Sakit dan Komunitas Siaga Bencana

JAKARTA, suaramuhammadiyah.id—Berkaca pada pengalaman panjang Muhammadiyah dalam mengelola Rumah Sakit dengan kekuatan komunitas sebagai penyangga utamanya, serta pemahaman geografis Indonesia yang memiliki potensi bencana yang tinggi, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) menggelar Seminar dan Lokakarya Nasional “Paradigma Baru Implementasi Rumah Sakit Siaga Bencana di Indonesia”, Kamis (1/9).

Di sela-sela Seminar dan Lokakarya yang berlangsung Gedung Nusantara V, Komplek MPR/DPR RI itu dilakukan penandatanganan dukungan untuk Program Rumah Sakit dan Komunitas Siaga Bencana. Turut mendukung dan menandatangi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Y. Thohari, Wakil Ketua MDMC Rahmawati Husein dan Ketua Komisi VIII DPR RI M Ali Taher Parasong.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR RI menyatakan bahwa pembangunan rumah sakit siaga bencana sudah seharusnya dilakukan ditengah rentetan bencana alam yang terus terjadi di seluruh pelosok Indonesia sepanjang tahun. Zulkifli mengingatkan bahwa penerapan dan atau pembangunan rumah sakit siaga bencana harus segera dilakukan guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam yang datang tiba-tiba.

“Saya sudah hapal bencana yang kerap dihadapi Indonesia yaitu banjir, tanah longsor dan kebakaran. Ini terus berulang terjadi sepanjang tahun untuk itu kita harus siap tanggap untuk menghadapinya, salah satu caranya dengan pembangunan rumah sakit siaga bencana, karena penting,” ucap Zulkifli.

Zulkifli mengakui bahwa saat ini dalam menghadapi bencana alam, kesiapsiagaan rumah saktit di Indonesia masih tertinggal dengan negara lain yang juga langganan bencana seperti Jepang. “Indonesia baru akan menuju kesana (model rumah sakit tanggap bencana) mudah-mudahan BNPB dan lembaga terkait dapat bekerjasama dalam menerapkannya. Soal anggaran di Kementerian Kesehatan ada banyak, tinggal pelaksanaannya saja,” pungkas Zulkifli. (Ribas)

Exit mobile version