Taaruf Akademik Fakultas Pertanian Unismuh Makassar Diikuti Mahasiswa Asing

Taaruf Akademik Fakultas Pertanian Unismuh Makassar Diikuti Mahasiswa Asing

MAKASSAR, suaramuhammadiyah.idRatusan mahasiswa baru (Maba) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti taaruf fakultas tahun ajaran akademik 2016-2017 di Auditorium Al-Amien Unismuh, Jl. Sultan Alauddin No.259 Makassar, Ahad (04/09).

Dari ratusan mahasiswa baru tersebut, salah satu peserta taaruf akademik adalah Siham Kama, seorang mahasiswa yang berasal dari Provinsi Yala Thailand. Mengambil jurusan Agribisnis, dia adalah mahasiswa asing pertama yang kuliah di Fakultas Pertanian Unismuh. Saat dimintai keterangan kenapa memilih Fakultas Pertanian Unismuh, ia mengatakan hal itu karena lingkungan tempat tinggalnya di Thailand adalah daerah pertanian. “Saya suka pertanian Indonesia sebab ada Forest yang baik dan punya banyak Bahasa,” ujarnya dengan antusias.

Dekan Fakultas Pertanian Unismuh, Ir Saleh Molla MM menjelaskan, dengan kahadiran mahasiswa baru asal Thailand ini dapat menjadi ligiimasi baru akan daya tarik Fakultas Pertanian Unismuh di kancah Internasional. Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada dosen untuk berbenah dan terus mempersiapkan diri dalam perkembangan ini.

“Mau tidak mau konsekuensinya harus kita persiapkan. Saya selaku Dekan dengan adanya mahasiswa baru dari Thailand ini sudah mensosialisasikannya kepada dosen-dosen dan mereka siap. Dosen-dosen kita secara umum paham Bahasa Inggris, mudah-mudahan dengan adanya ini memantapkan lagi bahasa yang selama ini kita kembangkan baik bahasa Indonesia secara ilmiah juga bahasa Internasional,” ungkap Saleh.

Terkait kegiatan Taaruf, menurut Saleh Molla, ini adalah kegiatan tahunan Fakultas Pertanian sebagai ajang menyambut mahasiswa baru di tingkatan Fakultas. “Jadi setelah pesantren mahasiswa baru tingkat Universitas, kita adakan lagi Taaruf tingkat fakultas, ini penting karena dalam Al-Quran memang memberikan ilegitimasi dalam surah Al-Hujurat: 13 itu jelas, untuk bagaimana kita saling berkenalan satu sama lainnya,” ujarnya.

Selain itu, tambah Saleh, taaruf akademik fakultas ini juga bukan bukan hanya sekedar tahu nama pimpinan tapi juga sebagai ajang perkenalan kegiatan akademik perkuliahan, serta segala seluk beluk aktivitas fakultas. Itinya memperkenalkan dunia baru dunia kemahasiswaan yang tentu saja berbeda dengan dunia mereka sebelumnya, dunia kesiswaan. (Dwi Wandani Sari)

Exit mobile version