LPB Muhammadiyah Jateng Adakan Pelatihan SAR Air Madya

LPB Muhammadiyah Jateng Adakan Pelatihan SAR Air Madya

TEGAL, suaramuhammadiyah.idLembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Jawa Tengah bekerjasama dengan LPB Muhammadiyah Kab Tegal sebagai pelaksana mengadakan pelatihan SAR Air Madya Tingkat Jawa Tengah pada hari Rabu, 31 Agustus – 5 Semptember 2016. Acara tersebut betempat di Pantai Purwahamba Indah Kab Tegal.

“Muhammadiyah sebagai gerakan islam dakwah amar maruf nahi mungkar yang dikelola dengan manajemen modern harus berupaya untuk menjadi yang pertama datang ke lokasi bencana dan selalu berkomitmen untuk menjadi yang terahir meninggalkanya, seperti musibah bencana di Jawa Tengah dan daerah daerah lain, peran MDMC dan LPB Muhammadiyah sangat strategis untuk membantu dan menolong masyarakat terdampak bencana. Pelatihan yang diselenggarakan oleh LPB Muhammadiyah Jateng ini merupakan bentuk kesadaran untuk peduli di bidang social,” ucap Arief Azman selaku Ketua PDM Kab Tegal saat membuka acara Pelatihan SAR.

Sedangkan menurut Qomari selaku pelaksana kegiatan Latihan SAR Air Madya tingkat Jawa Tengah diikuti sebanyak 21 peserta dari Jawa Tengah dan Jakarta. Untuk pemateri dan Instruktur di antaranya langsung dari BASARNAS Jateng, MDMC Jawa Tengah dan LPB Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah, serta LPB Muhammadiyah Pusat

Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut akan terus dievaluasi secara rutin 3 bulan sekali untuk terus meningkatkan keprofessionalan dalam bidang SAR Air. Sedangkan materi materi yang disampaikan oleh intruktur tidak sekedar materi saja namun dipraktikan secara langsung oleh peserta di antaranya pengenal selam yang baik, olah gerak perahu, dan pertolongan pada korban tenggelam.

Salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan Latihan SAR Air ini adalah untuk meningkatkan keprofesionalan relawan dan anggota LPB Muhammadiyah dalam bidang SAR Air. Para relawan ini menyatakan kesiapan dan kesediaan untuk bertugas ketika terjadi bencana di mana saja. (Hendra Apriyadi/MPI PDM Tegal)

Exit mobile version