Menteri Sosial Khofifah Sebut UMM Punya Nasab Baik

Menteri Sosial Khofifah Sebut UMM Punya Nasab Baik

MALANG, suaramuhammadiyah.id — Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam kegiatan masa Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba), Senin (5/9), menyebut UMM telah memiliki nasab baik, termasuk untuk menjadi menteri. Baginya, nasab itu penting dan perlu dipertahankan karena mahasiswa dapat terinspirasi dengan diawali belajar di kampus ini. Khofifah juga menyinggung peran mahasiswa sebagai pendorong perubahan.

Khofifah ingin kaum muda Indonesia menjadi pelopor agar bangsa ini menjadi bangsa produsen, bukan konsumen. “Dengan jumlah masyarakat Indonesia 40 persen dari total masyarakat ASEAN tentu akan menjadi pasar yang potensial. Kalau kita hanya jadi konsumen, ya rugi besar,” papar Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan RI 1999-2001 ini.

Untuk itu, Rektor UMM Fauzan berpesan pada mahasiswa baru agar bangga dan percaya diri karena telah menjadi bagian dari UMM, kampus penuh prestasi. Fauzan menyebut beberapa di antaranya yaitu raihan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Kopertis VII Jawa Timur sembilan tahun beruntun, dan sertifikasi internasional sebagai Associate Member of ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN QA).

“Silahkan beradaptasi dengan suasana di UMM, dan selamat Anda telah menjadi bagian dari keluarga besar Jas Merah Kampus Putih UMM. Jadilah generasi baru yang membanggakan bagi bangsa ini,” ujar Rektor.

Bupati Rendra Kresna selaku inspektur upacara Pesmaba optimis kedisiplinan yang tampak pada kegiatan ini dan suasana merah putih yang mewarnainya dapat meningkatkan nasionalisme mahasiswa terhadap bangsa ini. Sebagai alumni UMM angkatan 1987, Rendra yakin mahasiswa UMM nantinya dapat benar-benar berkiprah bagi Indonesia.

Sebanyak 6.812 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memulai masa Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) dengan upacara pembukaan yang berlangsung Senin (5/9) di Helipad UMM. Rangkaian Pesmaba akan berlangsung hingga Kamis (8/9).

Di antara ribuan mahasiswa baru tersebut, terdapat 188 mahasiswa asing yang berasal dari 18  negara, yaitu Australia, Chile, China, Jepang, Jerman, Kamboja, Korea Selatan, Polandia, Rumania, Sierra Leone, Singapura, Slovenia, Spanyol, Sudan, Thailand, Timor Leste, Uzbekistan, dan Vietnam. (Humas UMM)

 

Exit mobile version