Pesmaba UMM Tumbuhkan Spirit Kebangsaan, Diikuti 188 Mahasiswa Asing dari 18 Negara

Pesmaba UMM Tumbuhkan Spirit Kebangsaan, Diikuti 188 Mahasiswa Asing dari 18 Negara

MALANG, suaramuhammadiyah.id — Sebanyak 6.812 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memulai masa Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) dengan upacara pembukaan yang berlangsung Senin (5/9) di Helipad UMM. Rangkaian Pesmaba akan berlangsung hingga Kamis (8/9).

Di antara ribuan mahasiswa baru tersebut, terdapat 188 mahasiswa asing yang berasal dari 18  negara, yaitu Australia, Chile, China, Jepang, Jerman, Kamboja, Korea Selatan, Polandia, Rumania, Sierra Leone, Singapura, Slovenia, Spanyol, Sudan, Thailand, Timor Leste, Uzbekistan, dan Vietnam.

Nuansa kebanggaan pada UMM dan Indonesia memang terasa sangat kuat dalam prosesi Pesmaba tahun ini. Salah satunya terlihat pada flashmob bernuansa merah putih dengan tulisan “Love UMM, Love Indonesia” dan hiasan “Jas Merah Kampus Putih” di sekelilingnya. Flashmob dilakukan pada saat upacara di Helipad.

Menariknya, UMM tidak menggunakan kertas warna-warni, layaknya papermob, dalam membentuk formasi tersebut. Corak merah yang tampil melalui foto udara sepenuhnya merupakan view jas merah yang dikenakan mahasiswa, sementara warna putih merupakan tampilan jilbab mahasiswi. Paduan merah putih itulah yang pada gilirannya memperkuat filosofi kebangsaan flashmob UMM.

Ketika acara berlanjut di UMM Dome, rasa bangga itu masih begitu terasa. Selain yel-yel “Love UMM, Love Indonesia” yang terus diteriakkan sepanjang perjalanan, sesi mengharukan juga terjadi saat mahasiswa baru bersama-sama menyanyikan lagu berjudul “Dia” yang dipopulerkan oleh Anji. Ketika bernyanyi, mereka mengganti sejumlah lirik, di antaranya “Semua itu karena dia” diganti menjadi “Semua itu karena UMM” dan “Hanya padanya, untuk dia” menjadi “Hanya padamu, UMM”.

Mereka juga beramai-ramai menyalakan flashlight handphone sehingga suasana kebersamaan kian terasa. Mahasiswa baru juga meramaikan jagad media sosial sehingga kemarin tagar #WeLoveUMM sukses menjadi trending topic Indonesia sejak sekitar pukul delapan pagi hingga sekitar jam lima sore.

Pada sesi kuliah tamu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyambut para mahasiswa baru itu dengan harapan mereka dapat menjadi pemimpin di masa depan dan menjadi aktor bagi peradaban baru. “Jadilah pembelajar yang haus ilmu, yang dapat mencerahkan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan kemanusiaan universal,” kata Haedar. (Humas UMM)

 

Exit mobile version