Garuda Larang Penumpang Gunakan Samsung Galaxy Note 7

Garuda Larang Penumpang Gunakan Samsung Galaxy Note 7

JAKARTA, suaramuhammadiyah.id,- Perusahaan penerbangan Garuda resmi melarang penumpang Garuda menggunakan produk Samsung Galaxy Note 7 selama penerbangan adalah untuk keamanan Ahad (11/9/16). Karena pelarangan sejumlah perusahaan penerbangan dan laporan meledaknya Galaxy Note 7 itu pihak Samsung menarik sekitar 2,5 juta produk tersebut dari pasaran.

Larangan ini termuat dalam laman resmi Garuda. Menurut Vice President Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar,  larangan kepada penumpangmenggunakan produk Samsung Galaxy Note 7 selama penerbangan adalah untuk keamanan.

Pernyataan Garuda itu, menurut Benny, terkait dengan imbauan yang dikeluarkan Badan Administrasi Penerbangan (Federal Aviation Administration/FAA) Amerika Serikat, pada 8 September 2016, mengenai resiko penggunaan Samsung Galaxy Note 7 tersebut.

Kejadian ponsel Galaxy Note 7 yang terbakar diduga gara-gara permasalahan baterai sudah banyak terjadi di berbagai belahan dunia, namun hingga kini penyebab persisnya belum diketahui pasti.

Laman Samsung Inggris sempat memuat penjelasan singkat mengenai hal tersebut, di mana disebutkan bahwa penyebabnya murni merupakan masalah pada baterai, bukan pada ponsel.

Samsung mengatakan overheating terjadi ketika komponen “anoda-ke-katoda” mengalami kontak. “Ini adalah kesalahan proses produksi yang sangat langka,” tulis Samsung dalam laman tersebut.

Tak dijelaskan lebih jauh mengenai penyebab overheating dimaksud oleh Samsung. Anoda adalah kutub negatif pada baterai, sementara katoda adalah kutub positif.

Jumlah Galaxy Note 7 yang terdampak masalah baterai diperkirakan hanya 0,1 persen dari keseluruhan unit yang terjual. Namun Samsung tak mau mengambil risiko. Hingga minggu kemarin, tercatat sudah terjadi lebih dar 35 kasus Galaxy Note 7 terbakar saat diisi  baterainya.
Meskipun di Inggris belum terjadi pelaporan masalah ini, Samsung Inggris menghimbau pemakai Samsung Galaxy Note 7 untuk segera mengembalikan kepada penjualnya dan Samsung akan mengganti produk tersebut demi kenyamanan pengguna Samsung, Himbauan yang sama untuk pengguna Samsung Galaxy Note 7 di seluruh dunia (le).

Exit mobile version