Sambut Mahasiswa Baru, IMM UNIMUS selenggarakan MASTA

Sambut Mahasiswa Baru, IMM UNIMUS selenggarakan MASTA

SEMARANG, suaramuhammadiyah.id Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) se- Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) menyelenggarakan Masa Ta’aruf (MASTA) bagi mahasiswa baru (MABA). Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, Jumat (9/9) sampai dengan Sabtu, (10/9).

MASTA diawali dengan kegiatan orientasi tingkat universitas dan hari berikutnya dilanjutkan orientasi di masing-masing komisariat IMM. Sebanyak 1883 mahasiswa baru yang terdiri dari:  1003 mahasiswa S1, 342 mahasiswa DIV, 396 mahasiswa DIII dan 142 mahasiswa profesi antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini.

Miftahurrohman, selaku Ketua Panitia MASTA 2016, menjelaskan bahwa kegiatan MASTA bagi mahasiswa baru dimaksudkan sebagai program penyambutan dan langkah awal untuk mengenalkan kehidupan kampus dan gerakan mahasiswa oleh IMM agar terwujud cendikiawan muslim yang cerdas, unggul dan berkemajuan.

IMM sebagai satu-satunya organisasi induk intra kampus di lingkungan UNIMUS berperan sebagai Lazuardi dalam mewujudkan cita-cita dan dakwah pencerahan Muhammamdiyah di lingkungan kampus. Sehingga, dari MASTA diharapkan akan mulai muncul dan nampak mahasiswa-mahasiwa yang berkarakter religius dan berintelektual guna mendukung dakwah IMM kedepan, atau setidaknya sebagai mahasiwa yang kuliah di kampus Muhammadiyah paling tidak tahu apa itu gerakan Muhammadiyah dan gerakan Mahasiswa Muhammadiyah, imbuhnya.

Sebelumnya, UNIMUS juga menyelenggarakan kuliah umum “Wawasan Kebangsaan” sebagai pembicara yaitu Jend. TNI (purn) Subagyo HS yang saat ini  sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia. Subagyo yang teah memperoleh 19 bintang tanda jasa, sejak muda merupakan anggota Muhammadiyah.  Dalam orasinya menggugah semangat mahasiswa, disampaikan bahwa pengaruh globalisasi generasi muda menjadi penyebab rendahnya wawasan kebangsaan, sehingga perlu dibenahi dengan menanamkan jiwa  nasionalisme pada diri mahasiswa.

Kegiatan MASTA resmi dibuka oleh Wakil Rektor III, Drs Samsudi Rahardjo MM, MT. Turut hadir dalam pembukaan tersebut diantaranya pimpinan Ortom se-Kota Semarang, seluruh pimpinan IMM dan unsur pimpinan/lembaga UNIMUS lainnya.

Acara dilanjutkan dengan materi orientasi Kemuhammadiyahan dengan tema “Orientasi Gerakan dan Pemikiran KH Ahmad Dahlan” sebagai pembicara adalah M. Zuhron Arofi, MPdI dari MPK PWM Jawa Tengah dan materi orientasi Ke-IMMan oleh Andi Wahyono MPd. (Sonni Kurniawan)

Exit mobile version