4 Hikmah Idul Adha untuk Akhir Kehidupan Husnul Khatimah

4 Hikmah Idul Adha untuk Akhir Kehidupan Husnul Khatimah

BANJARMASIN. suaramuhammadiyah.id-Umat muslim hendaknya senantiasa mengambil banyak hikmah dan pelajaran dari setiap momentum yang ada. Menurut Sekretaris PWM Kalimantan Selatan, Muchdiansyah, SE, MM, ada 4 hikmah perayaan Idul Adha yang mampu diambil umat muslim  menuju husnul khatimah.

“Langkah pertama adalah syukur, kedua merekatkan kemesraan dengan keluarga, ketiga meningkatkan amal shaleh dan terakhir adalah bertaubat,” tuturnya yang juga Dosen AIK Universitas Muhammadiyah Banjarmasin tersebut dalam khutbah Idul Adha, Senin (12/9) di Kantor DPRD Kabupaten Tabalong.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an, hidup ini diibaratkan sebagai sebuah permainan. Oleh karena itu, dalam permainan, manusia hendaknya menaati peraturan yang telah digariskan agar tidak terkena diskualifikasi. “Selain menaati perintah Allah, manusia juga harus menambah nilai yang akan menjadi bekal kita dalam kehidupan akhirat. Mari kita jadikan momentum idul adha sebagai tonggak untuk kehidupan yang lebih baik menuju akhir kehidupan husnul khatimah,” lanjutnya.

Selepas kegiatan shalat Idul Adha 1437 H tersebut, PDM  Tabalong melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 8 ekor sapi. Kegiatan tersebut dipusatkan di komplek Masjid Muhammadiyah Al Mukhlisin Mabuun Tanjung (Abdul Khaliq/MPI PWM Kalsel/Foto: Muchdi).

Exit mobile version