Jalin Kerjasama dengan SMA Mulankuh, Faperta UMSU Diharapkan Bantu Majukan Pertanian

Jalin Kerjasama dengan SMA Mulankuh, Faperta UMSU Diharapkan Bantu Majukan Pertanian

LABUHANBATU UTARA. suaramuhammadiyah.id-Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UMSU beserta rombongan belum lama ini sambangi SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu (SMA Mulankuh) untuk jalin kerja sama peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM).

Kepala SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu, kata Abdul Kamal Munthe, SH, berharap kerja sama antara Faperta UMSU dan SMA Muhammadiyah 9 nantinya lebih ditingkatkan untuk memajukan pertanian di Labura.

“Labura merupakan kabupaten yang potensial di bidang pertanian. Kita berharap kerja sama ini memajukan pertanian Labura, terlebih Alri Diwirsah juga berasal dari Labura dan alumni SMA Muhammadiyah 9,” tuturnya

Sedangkan, Alri Diwirsah MM, Dekan Fakultas Pertanian UMSU memaparkan bahwa kerja sama seperti penting adanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik tataran teoritis maupun praktis. Selain itu, Alri juga mensosialisaikan bagaimana gambaran mengenai sejumlah kerjasama yang telah dijalin oleh Faperta UMSU. Di antaranya meliputi berbagai perkebunan yang ada di Kabupaten Aceh Timur, Langkat, Deli Serdang, Sergai, Kota Tebing Tinggi, Asahan, Simalungun, Labusel, Labuhan Batu, Labura dan Batubara.

“Mahasiswa Program Studi Agribisnis dulu juga melaksanakan praktik kerja untuk mata kuliah kewirausahaan, berupa kerajinan handcraft dengan pemilik usaha Syafri Ali, SP yang telah memperoleh penghargaan dari MURI pada tahun 2013, dan banyak lagi,” kata Alri yang juga salah satu dari 23 orang pemenang Program Penelitian yang ditetapkan P3M-UMSU bidang penugasan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat usulan Tahun 2013 pendanaan 2014 Ipteks Bagi Masyarakat.

Faperta UMSU yang berdiri tahun 1977 kini telah memiliki 3 program studi yaitu Agribisnis, Agroekoteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian yang seluruhnya telah terakreditasi B. Alri yang juga merupakan alumni pertama yang menjadi Dekan Fakultas Pertanian menegaskan bahwa UMSU akan senantiasa berkomitmen untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi (Hariansyah).

 

Exit mobile version