Kerjasama SM dengan LP3M UMY Bidik Pasar Asia Tenggara

Kerjasama SM dengan LP3M UMY Bidik Pasar Asia Tenggara

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Ibarat dapur, sebuah perguruan tinggi itu tempat meracik bumbu, mengolah makanan, hingga tersaji hidangan lezat yang bermutu. Hidangan lezat yang bermutu adalah produk-produk pemikiran yang telah teruji secara akademik. Begitulah seharusnya sebuah Perguruan Tinggi Muhammadiyah berperan. Berbagai hasil riset dan kajian yang telah dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa yang telah teruji secara akademik mesti dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah. Demikian kata Hilman Latif, Ph.D., Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada Suara Muhammadiyah usai menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Syarikat Cahaya Media (PT SCM) di Kampus Terpadu UMY belum lama ini.

“Sebuah dapur yang baik membutuhkan restoran yang baik pula”, lanjut Hilman Latif. “Kerjasama antara Suara Muhammadiyah dengan LP3M UMY ini sudah tepat karena selama ini produk-produk LP3M tidak terpublikasikan secara massif. Dalam hal ini, Suara Muhammadiyah adalah partner strategis yang menguasai jaringan distribusi di seluruh Indonesia.”

Direktur PT Syarikat Cahaya Media, Deni Asyari, M.A., menegaskan, Kerjasama Suara Muhammadiyah dengan LP3M ini dapat menjadi pilot project untuk pengembangan kerjasama dengan PTM-PTM lain di seluruh Indonesia. Saat ini, kata Deni Asyari, Suara Muhammadiyah sudah berada di bawah naungan PT Syarikat Cahaya Media, yaitu holding company yang membawahi unit-unit usaha meliputi majalah Suara Muhammadiyah, Toko Suara Muhammadiyah, Penerbit Suara Muhammadiyah, dan SCM EO & Advertising. Kini, tiras majalah Suara Muhammadiyah sudah di atas 30.000 eksemplar tiap edisi. Toko Suara Muhammadiyah sudah memiliki 140 ritel yang tersebar di seluruh Indonesia. Penerbit Suara Muhammadiyah sudah menerbitkan lebih dari 100 judul buku, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Bahkan di tahun 2016 ini Penerbit Suara Muhammadiyah sedang giat-giatnya melakukan proses penerjemahan dari naskah-naskah berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Program pemasaran tahun 2017, PT Syarikat Cahaya Media akan merambah pasar Asia Tenggara diawali dengan proses kerjasama dengan beberapa penerbit dan distributor di luar negeri.

Perjanjian Kerjasama antara PT Syarikat Cahaya Media dengan LP3M UMY ini bertujuan untuk menjalin sinergi antar amal usaha yang berorientasi profit dan non profit meliputi program-program kajian dan riset, penerjemahan dan penerbitan, serta distribusi produk-produk cetak. (arf)

Exit mobile version