Siapkan Lulusan Ekonomi Terbaik, UMY Launching Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Siapkan Lulusan Ekonomi Terbaik, UMY Launching Fakultas Ekonomi dan Bisnis

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi melaunching Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang semula bernama Fakultas Ekonomi, Sabtu (24/9). Acara launching yang bertempat di gedung AR Fakhruddin B lantai 5 tersebut bersamaan dengan Seminar Nasional “Membangun Daya Saing Bangsa dalam Pespektif Ekonomi dan Bisnis”.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr Nano Prawoto SE MSi, menjelaskan posisi Indonesia yang masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand dalam persaingan ekonomi dan bisnis global. Prof Dr H Bambang Cipto MA., rektor UMY, juga menegaskan hal yang senada, bahwa Indonesia masih jauh berada di bawah negara-negara lainya dalam persaingan ekonomi.

Dr Nano Prawoto SE MSi, kemudian mejelaskan alasan adanya perubahan nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain untuk mengahadapi persaingan ekonomi global, perubahan nama ini memiliki beberapa tujuan.

Pertama, dengan perubahan nama ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mempertegas bidang keilmuan yang memiliki tiga program studi yaitu ilmu ekonomi, akuntansi dan manajemen untuk menjawab tantangan di luar saat ini. Serta dapat menciptkan lebih banyak pelaku entrepreneur  atau bisnis di Indoesia.

Kedua, perubahan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang lebih besar bagi eksistensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY dikalangan pendidikan ekonomi dan bisnis, baik di kancah dalam negeri maupun luar negeri.

Ketiga, dapat memperkuat jaminan kepastian bagi para mahasiswa dan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi ilmu ekonomi namun juga memiliki kompetensi di bidang bisnis.

Keempat, menghilangkan keraguan dan hambatan terhadap program studi ini, dapat menjadi modal dalam meningkatkan akses dan kerjasama serta membantu alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis agar lebih mudah diterima di pasar global (Bela Fataya).

Exit mobile version