Wali Murid TK ABA Godegan pun Latihan Manasik Haji

Wali Murid TK ABA Godegan pun Latihan Manasik Haji

BANTUL. Suara Muhammadiyah—Ratusan peserta mengikuti kegiatan latihan manasik Haji TK ABA Godegan Sabtu, 1 Oktober 2016. Peserta yang terdiri dari anak-anak TK beserta wali murid tersebut tampak anatusias mengikuti jalannya kegiatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 220 orang peserta TK ABA Godegan, wali murid dan Panitia ini berada dibawah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisyiyah Kabupaten Bantul milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul.

Kegiatan latihan manasik haji yang diprakarsai oleh pengurus TK ABA Godegan dan Majelis Tabligh dan Majelis Pendidikan Dasar Pimpinan Ranting Asyiyah (PRA) Tamantirto Utara ini telah memasuki tahun yang kedua. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang pesertanya hanya terdiri dari anak-anak TK, kali ini wali murid diikutsertakan sebagai peserta.

PRA Tamantirto Utara sendiri mengakui bahwa pelaksanaan latihan manasik haji ini jauh dari jangkauan anak TK. Oleh karenanya, tujuan bagi anak-anak TK ABA Godegan sendiri hanya sebatas sebagai pengenalan atau sosialisasi tentang ibadah haji.

Lebih jauh, sasaran yang sebenarnya ditarget adalah wali murid dari peserta didik sendiri. Setidaknya, dengan mengikutsertakan orangtua murid dalam kegiatan latihan Manasik Haji  ini dapat menumbuhkan keinginan atau niat baik untuk mejalankan umrah maupun haji. Jika haji atau umrah terlalu muluk, maka setidaknya menambah pengetahuan dan keimanan wali murid dalam ibadah lainnya.

“Sebenarnya Latihan Manasik Haji  untuk usia anak-anak TK masih jauh jangkauannya, tetapi yang kita bidik adalah wali murid agar tahu dan memiliki keinginan untuk haji atau umrah.” ujar Nanik, Ketua PRA Tamantiro Utara saat ditemui.

Selain itu adanya kegiatan ini juga sebagai bentuk promosi sekolah kepada masyarakat luas. Bahwa kegiatan semacam ini menjadi nilai positif tersendiri bagi sekolah TK  ABA Godegan ini (Bela).

Exit mobile version