• Tentang SM
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Media Siber
  • Term & Condition
  • Privacy Policy
  • Hubungi Kami
Rabu, Desember 17, 2025
Suara Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • Login
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora
No Result
View All Result
suaramuhammadiyah
No Result
View All Result

Penguatan Strategi Marketing Pendidikan Muhammadiyah dengan 6 M

Suara Muhammadiyah by Suara Muhammadiyah
3 Oktober, 2016
in Berita
Reading Time: 1 min read
A A
0
Penguatan Strategi Marketing Pendidikan Muhammadiyah dengan 6 M
Share

GRESIK, Suara Muhammadiyah— Tantangan pendidikan Muhammadiyah saat ini makin berat sehingga mengelola sekolah tidak bisa dengan manajemen seadanya. Mengelola lembaga pendidikan Muhammadiyah harus menggunakan fungsi manajemen yang terarah, mulai dari proses planning, organizing, actuating and controling atau yang dikenal dengan singkatan POAC.

Demikian antara lain yang disampaikan Nur Alam MAg, ketua Majelis Dikdasmen Tuban, Jawa Timur dalam Workshop Rekayasa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diselenggarakan di Aula MIM 3 Kreatif Panyuran, Palang, Tuban, Jawa Timur pada 1 Oktober 2016.

Baca Juga

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah

Muhammadiyah Kritik DPR Langgar Keputusan MK

Dalam Workshop yang diikuti oleh 75 peserta perwakilan dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/ K Muhammadiyah Tuban tersebut, Nur Alam MAg mengarahkan bahwa mengelola lembaga pendidikan tidak bisa mengikuti filsafat mengalir seperti mata air tanpa arah dan tujuan jelas, akan tetapi dalam mengelola pendidikan harus ditata dan dikelola sesuai fungsi manajemen.

Untuk mewujudkan fungsi manajemen diperlukan unsur-unsur manajemen meliputi “6 M”. Yaitu, man, money, materials, machines, method, dan markets. Saat ini, katanya, problem lembaga pendidikan kita adalah jumlah siswa mengalami penurunan dari tahun ke tahun karena banyaknya sekolah negeri bermunculan. Oleh karena itu, workshop ini sangat tepat karena terkait dengan rekayasa PPDB.

Hadir dalam Workshop tersebut Drs Kuswanto (anggota DPR RI) yang sekaligus menjadi key note speeker. Kuswanto memberikan arahan seputar penguatan kelembagaan untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu. Melengkapi workshop, Faizin, M.Pd., dari tim Coremedia Communication Gresik menyampaikan analisis lembaga-lembaga pendidikan di sekitar Gresik dan skenario penerimaan peserta didik baru (Arf-Nur Alam).

Tags: muhammadiyahpendidikanstrategi marketing
Suara Muhammadiyah

Suara Muhammadiyah

Related Posts

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah
Berita

Deni Asy’ari Tekankan Relevansinya Mengonsolidasikan Gerakan Ekonomi Berjamaah

28 September, 2024
Prof Dr Abdul Mu'ti
Berita

Muhammadiyah Kritik DPR Langgar Keputusan MK

22 Agustus, 2024
Broadcasting SMK Muhiyo Berprestasi di Broadcaster Award UMY
Berita

Broadcasting SMK Muhiyo Berprestasi di Broadcaster Award UMY

3 Juli, 2024
Next Post
MDMC Bantu Pemulihan Pasca Bencana Banjir dan Longsor Purworejo

MDMC Bantu Pemulihan Pasca Bencana Banjir dan Longsor Purworejo

Please login to join discussion
  • Kotak Pos
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Pedoman Media

© SM 2021

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Khazanah
  • Hadlarah
  • Khutbah
  • Tanya Jawab Agama
  • Wawasan
  • Humaniora

© SM 2021

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In