Bob Dylan Penerima Nobel Kesusasteraan 2016

Bob Dylan Penerima Nobel Kesusasteraan 2016

SWEDIA, Suara Muhammadiyah,- Bob Dylan, Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, menerima Hadiah Nobel Kesusasteraan tahun 2016. ini merupakan penulis lirik lagu pertama yang memperoleh penghargaan Nobel.

Legenda musik berusia 75 tahun itu menerima penghargaan Nobel karena telah “menciptakan ekspresi puitis dalam tradisi lagu-lagu di Amerika”. Penyanyi balada dan seniman ini merupakan penulis lirik lagu pertama yang memperoleh penghargaan yang bergengsi ini sejak Toni Morrison menerimanya di tahun 1993.

Nama Bob Dylan telah cukup lama beredar sebagai salah satu calon penerima, tetapi belum diperhitungkan Swedish Academy . Tetapi akhirnya tahun 2016 ini Swedish Acadeny memilihnya sebagai penerima Nobel bidang Kesusasteraan.

 

Menurut Sara Danius, sekretaris tetap Yayasan Nobel, Bob  Dylan terpilih karena ia merupakan “seorang penyair dalam tradisi masyarakat berbahasa Inggris”. Lagu seperti Blowin’ in the Wind dan The Times They are A-Changin’ menjadi lagu wajib para pegiat pergerakan anti perang dan hak-hak sipil pada masanya.

Bob Dylan terlahir dengan nama Robert Allen Zimmerman di tahun 1941 dan memulai karier musiknya pada tahun 1954 dengan bermain musik di banyak rumah kopi di Minnesota. Kebanyakan karyanya yang terkenal dibuat pada era 1960-an dan bisa dikatakan ia menjadi “pencatat sejarah informal” mengenai masalah yang sedang dihadapi Amerika.

Sejak dekade 1980-an, Bob Dylan secara konsisten menjalani tur yang dinamainya sebagai “Never-Ending Tour”.   Penghargaan ini akan diberikan bersamaan dengan lima penerima Hadiah Nobel lainnya pada tanggal 10 Desember yang berbarengan dengan peringatan hari meninggalnya Alfred Nobel pada 1896.

Penerima Nobel lainnya, antara lain  Hart dan Holmstrom dalam bidang Ekonomi, Presiden Kolombia Juan Manual Santos dalam bidang perdamaian. Nobel bidang Fisika untuk tiga ilmuwan Inggris dan Nobel Kimia untuk Sauvage, Stoddart dan Feringa (elf).

Exit mobile version