Presiden Jokowi Melantik Duet Jonan-Archandra Untuk Pimpin Kementerian ESDM

Presiden Jokowi Melantik Duet Jonan-Archandra Untuk Pimpin Kementerian ESDM

JAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Presiden Joko Widodo melantik duet Jonan-Archandra untuk memimpin Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) setelah dua bulan kosong ditinggal Archandra Tahar. Ignasius Jonan menjadi Menteri ESDM sedangkan Archandra Tahar nenjadi Wakil Menteri ESDM.

Pelantikan digelar di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (14/10/2016). Pengangkatan Menteri dan Wakil Menteri ESDM tertuang dalam Keputusan Presiden dalam dua nomor berbeda, yaitu nomor 114 dan 115.

Baca: AM Hendropriyono: #ArchandraAnakBangsa

Pengambilan sumpah jabatan didampingi oleh rohaniawan. Presiden Jokowi kemudian membacakan isi dari sumpah jabatan yang diikuti oleh Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra sebagai Wamen ESDM.

Baca: Kritik Prof Yusril Ihza Mahendra Terhadap Kasus Archandra

Pelantikan ini  menjawab rumor yang selama ini beredar  sebelumnya  bahwa Archandar Tahar akan kembali memimpin kemnterian ESDM. Rumor juga berembus, Jokowi telah mewawancarai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto dan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Montty Girianna sebagai calon Menteri ESDM.

Baca: Archandra Tahar Masih Masuk Nominasi Menteri ESDM

Kedua orang yang dilantik saat ini, Ignasius Jonan dan Archandra Tahar menggaku dihubungi istana beberapa jam sebelum pelantikan. “Sekitar jam 11 an,” kata Menteri ESDM (le).

Exit mobile version