Wapres JK: Masalah Pilkada DKI Masalah Etika

Wapres JK: Masalah Pilkada DKI Masalah Etika

JAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti memanasnya situasi menjelang pelaksanaan  Pilkada DKI Jakarta adalah masalah etika,  Salah satunya, menurut Wapres JK, terkait pernyataan salah satu calon gubernur yang nemancing masalah SARA.

“Jadi  bukan soal agama, ini etika, etika. Jadi ya, mulutmu harimaumu, itu saja masalahnya. Masalah Jakarta itu,” kata Wapres JK  di Kantor Wapres Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Masalah ini, menurut Wapres JK, seperti terjadi di Pemilihan Presiden Amerika, Sebagaimana yang dialami oleh calon Presiden dari Partai Republik Donald Trump, Popularitas Trump turun akibat pernyataannya dalam sejumlah kesempatan.

“Orang tidak memilih Trump bukan karena orang tidak suka Republik. Tapi karena Trump ngomongnya terlalu macam-macam,” kata Wapres JK.

Baca: Din Syamsuddin: Ahok Harus Dimaafkan, Tapi Jangan Mengulang Kesalahan

Persoalan Jakarta sama dengan Trump. Karena pernyataannya, menurut Wapres JK, popularitasnya jadi menurun.

Baca: Wapres JK : Kampus UIII Harus Modern Futuristik

Menurut Wapres JK, seharusnya setiap calon yang ingin bertarung di pilkada dapat menjaga sikap. Kalau pun ada calon yang ingin menyinggung persoalan agama, sebaiknya hal itu tidak perlu dilakukan di muka umum.

Baca: Dukungan Donald Trump Turun Akibat Issu Pelecehan Seksual
“Kalau di kalangan sendiri silakan berdiskusi, bahwa dia suka si A, si B, bebas-bebas saja. Di luar negeri juga begitu,” ujar Wapres JK (le).

Exit mobile version