Ikuti, Muhammadiyah dalam Foto! Pameran Nasional Dokumentasi Muhammadiyah di Milad ke-104

Ikuti, Muhammadiyah dalam Foto! Pameran Nasional Dokumentasi Muhammadiyah di Milad ke-104

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah—Pelaksanaan resepsi Milad Muhammadiyah ke-104 masehi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada 17 November 2016 mendatang akan lebih istimewa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini panitia penyelenggara bekerjasama dengan Suara Muhammadiyah akan menyelenggarakan ajang Pameran Nasional Dokumentasi Muhammadiyah.

“Pameran ini akan menampilkan beragam foto dan dokumen penting sejarah dan dinamika Muhammadiyah di seluruh wilayah Indonesia. Juga foto dan dokumen gerak persyarikatan baik itu yang dilakukan oleh majelis dan lembaga, ataupun amal usaha Muhammadiyah,” beber Muhammad Nurul Yamin selaku ketua panitia penyelenggara kepada Suara Muhammadiyah.

Pameran arsip dan dokumentasi Muhammadiyah baik pusat maupun local dari masa ke masa itu sebagai upaya melestarikan arsip sejarah Muhammadiyah. Usia Muhammadiyah yang sudah melangkah di abad kedua diyakini memiliki berbagai arsip dan dokumentasi yang patut dikaji kembali.

“Pertama perlu saya sampaikan bahwa usia Muhammadiyah sampai memasuki usia seratus tahun atau satu abad lebih ini adalah merupakan sebuah prestasi sejarah yang luar biasa. Dengan demikian Muhammadiyah memiliki modal historis yang bukan saja memorible, tetapi juga nilai nilai kejuangan yang patut diteladani khususnya bagi kader persyarikatan,” ungkap Yamin.

Menurut Yamin, sebuah foto atau dokumen yang menggambarkan peristiwa penting di  Muhammadiyah  bukanlah sekedar benda mati. Namun memiliki ruh sejarah yang selalu hidup dan menghidupkan bagi spirit generasi penerusnya.

“Dengan demikian pameran foto dan dokumen Muhammadiyah ini dapat menjadi ajang pembelajaran dan  pengetahuan tentang Muhammadiyah,” kata Yamin yang juga ketua MPM PP Muhammadiyah.

Mozaik sejarah Muhammadiyah, tutur Yamin, dalam bentuk foto dan dokumen lainnya masih banyak sekali berserak di mana-mana. “Oleh karena itu Panitia Milad Muhammadiyah ke 104 M menghimbau kepada masyarakat dan warga yang memiliki foto atau dokumen yang memiliki nilai sejarah Muhammadiyah berkenan mengirimkan kepada panitia untuk diikutsertakan dalam pameran dalam rangka Milad Muhammadiyah ke 104 M/107 H,” ajak Yamin (Ribas).

Exit mobile version