Orang Tua Sebagai Role Mode Anak

Orang Tua Sebagai Role Mode Anak

SURABAYA, Suara Muhammadiyah,- Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya Ust. Edy Susanto, M.Pd. mengajak seluruh orangtua murid sekolah ini untuk mengambil peran utama dalam mengawal pendidikan anak dengan sebenar dan sebaik-baiknya. Itu disampaikan pada Seminar Parenting “Tantangan Mendidik Anak di Tengah Maraknya Sosmed” yang diselenggarakan IKWAM Mudipat di Aula The Millennium Building, Sabtu, 29 Oktober 2016.

Menurutnya, yang utama pada pola pendidikan anak mulai anak bangun tidur hingga hendak tidur lagi adalah penanaman karakter dan aqidah yang kuat. Seperti kejujuran, sopan santun, berjiwa penolong, tertib, dan disiplin, serta tekun melaksanakan perintah Islam, rajin shalat, mengaji, dan berzakat. Dan orangtualah yang harus menjadi role model (teladan) dalam bertindak tanduk keseharian.

“Bapak Ibu (orangtua) jangan menyuruh anak belajar terus, apalagi dipaksa, di sekolah sudah belajar tuntas, sekarang giliran di rumah ajak anak bercengkrama, luangkan waktu bergembira dan membaca bersama-sama, berliterasi. Karena ketika anak tidak suka membaca ia akan ngawur,” katanya.

Pada kesempatan baik itu, hadir Motivator dan Konsultan Pendidikan Ust. Suhadi Fadjaray memberikan materi Parenting seputar pola pengasuhan anak ala Rasululloh Muhammad SAW di hadapan 400 orangtua murid SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dengan durasi sekitar 2 jam (mly)

Exit mobile version