Haedar Nashir: Melecehkan Agama Menodai Spirit Kebangsaan

Haedar Nashir: Melecehkan Agama Menodai Spirit Kebangsaan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah,- Katua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan merendahkan, melecehkan, dan mengerdilkan ajaran agama atas nama apa pun dalam konteks kenegaraan sebenarnya merupakan cermin penodaan terhadap spirit kebangsaan-kenegaraan yang diletakkan para pendiri bangsa ini.
“Hari ini dan ke depan, siapa pun, tidak boleh ugal-ugalan dalam berbangsa dan bernegara, lebih-lebih tatkala menyentuh wilayah agama,” tegas Haedar Nashir dalam pers rilis yang disampaikan Kepala Kantor PP Muhammadiyah (30/10/16).
Menurut Haedar Nashir, agama niscaya menjadi sumber pencerahan hidup seluruh umat manusia, termasuk mencerahkan para pemeluk agama itu sendiri. Agama dan umat beragama harus mampu menciptakan peradaban utama dalam suasana hidup aman, damai, makmur, beradab, dan berkemajuan.
Peran agama Islam dalam membangun peradaban dan mencerahkan bangsa Indonesia ini diakui oleh para ahli. Menurut Haedar Nashir , antropolog ternama Indonesia, Prof Dr Koentjaraningrat, dan sejarawan Prof Dr Sartono Kartodirdjo dengan tegas menunjuk Islam sebagai faktor penting terbentuknya integrasi nasional.

Baca: Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Mencanangkan Pembangunan Grha Suara Muhammadiyah
Tanpa kebesaran jiwa umat Islam dalam peristiwa Piagam Jakarta 18 Agustus 1945, menurut Haedar Nashir, bahkan Republik Indonesia ini, tidak akan hadir utuh dan awet seperti sekarang ini. Peran tokoh Muhammadiyah Ki Bagus Hadikusumo dan Mr Kasman Singodimedjo dalam momen sejarah yang menentukan republik ini, sangatlah penting dan besar.

Baca: Pdt Weinata Sairin Apresiasi Pesan Moral Haedar Nashir

Menurut Haedar Nashir, para pendiri negara dari seluruh golongan agama dan beragam latar belakang sungguh arif ketika meletakkan agama sebagai faktor penting dan utama sebagaimana tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh Pasal 29. Perumusan Pancasila dengan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa makin menguatkan posisi agama dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Agama tidak terpisahkan dari denyut nadi kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini.

Baca: Haedar Nashir: Pesantren Muhammadiyah adalah Pesantren Pembaruan

Maka, menurut Haedar Nashir, menjadi naif dan sangat mencederai umat beragama manakala ada yang merendahkan, melecehkan, dan mengerdilkan ajaran agama atas nama apa pun. Sikap gegabah seperti itu bukan hanya melukai umat beragama ke jantung terdalam dari sebuah keyakinan, melainkan juga dalam konteks kenegaraan sebenarnya merupakan cermin penodaan terhadap spirit kebangsaan-kenegaraan yang diletakkan para pendiri bangsa ini. Hari ini dan ke depan, siapa pun, tidak boleh ugal-ugalan dalam berbangsa dan bernegara, lebih-lebih tatkala menyentuh wilayah agama (le).

Exit mobile version