MTs Mu’allimat dan SD Muhammadiyah Karangkajen Juarai Lomba Sekolah Sehat DIY

MTs Mu’allimat dan SD Muhammadiyah Karangkajen Juarai Lomba Sekolah Sehat DIY

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah—Prestasi membanggakan kembali dituai oleh sekolah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Madrasah Tsanawiyah Mu’allimat Muhammadiyah dan SD Muhammadiyah Karangkajen keluar sebagai juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) di jenjang berbeda.

SD Muhammadiyah Karangkajen yang mengumpulkan 1668 poin berhasil menduduki urutan pertama di jenjang SD/MI. berturut-turut disusul SD 2 Sandan (1651 poin), SD Negeri Tlogoadi Mlati (1514 poin), SD Negeri Siyono 1 Playen (1497) dan SD Marsudirini St Teresia Kalibawang (1486).

Sementara di jenjang SMP/MTs, MTs Mu’allimat mengumpulkan 2108 poin. Disusul SMP Negeri 2 Ngemplak (2061), SMP Negeri 3 Banguntapan (2005), SMP Negeri 1 Karangmojo (1983) dan SMP Negeri 2 Lendah (1874).

Tak hanya itu, di jenjang TK/RA, sekolah Muhammadiyah/Aisyiyah juga keluar sebagai juara tiga dengan mengumpulkan 1069 poin. Peringkat pertama diduduki oleh TK al-Azhar 38 Bantul dan TK Santa Theresia 1 Wonosari di posisi kedua.

Purwadi selaku Ketua tim penilai LSS 2016  menjelaskan bahwa pemenang nantinya akan mendapat uang pembinaan, piala dan penghargaan lainnya.

Adapun hal-hal yang dinilai dalam lomba itu antar lain Trias UKS meliputi kantin sehat, jamban saniter sesuai dengan rasio jumlah peserta didik, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, penyediaan dan pengelolaan sampah, penyediaan sarana air bersih, kebersihan dan kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, ruang ibadah, ruang UKS serta kegiatan-kegiatan terkait Trias UKS.

Selain itu juga terkait dengan sarana prasana sekolah; pengetahuan dan sikap peserta didik; upaya dan komitmen kepala sekolah; serta kinerja Tim Pembina UKS. Pengetahuan dan sikap peserta didik, meliputi pengetahuan dan sikap tentang UKS, PHBS, kesehatan reproduksi, imunisasi, penyakit menular dan tidak menular, pemberantasan sarang nyamuk, gizi seimbang, penghindaran kekerasan dan lainnya (Ribas).

Exit mobile version